Karbohidrat Bikin Susah Diet, Mitos atau Fakta?


Di Indonesia, bicara soal karbohidrat hampir selalu mengarah pada nasi. Saat ini, banyak orang yang memutuskan tidak lagi memakan nasi karena yakin bahwa konsumsi karbohidrat berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit dan akan membuat tubuh mudah gemuk.

Pasalnya, makanan ini memang menghasilkan banyak kalori dalam tubuh sehingga pembakaran lemak juga tidak optimal. Di dalam nasi juga terdapat kandungan gula yang bisa menghambat proses metabolisme tubuh, serta memicu berbagai macam penyakit jika dikonsumsi terlalu banyak.
 
Karbohidrat Bikin Susah Diet, Mitos atau Fakta?
source: https://asset.kompas.com/crop/55x18:799x514/750x500/data/photo/2017/04/10/1255013923.jpg
Meski demikian, bukan berarti kita harus membuang jauh-jauh karbohidrat dalam daftar menu makanan. Tanpa karbohidrat, tubuh kita tidak punya energi cukup untuk melakukan aktivitas. Selain itu, masih ada manfaat karbohidrat untuk kesehatan yang perlu kita perhatikan, misalnya membantu meningkatkan fungsi otak, memelihata kesehatan jantung, menjaga kadar gula darah, bahkan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Mengingat pentingnya fungsi karbohidrat, hal yang perlu kita lakukan hanyalah mengurangi asupan zat ini. Sebenarnya, kita tidak harus selalu makan nasi untuk memenuhi kebutuhan energi. Moms bisa mengonsumsi karbohidrat pengganti nasi, seperti oats, kentang, jagung, dan lain sebagainya.

Menurut penelitian, karbohidrat pada jagung lebih disarankan bahan makanan ini memiliki kandungan amilosa lebih tinggi dibanding beras. Serat pada jagung akan dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga gula darah akan lebih terkontrol.
 

Manfaat Karbohidrat untuk Kecantikan


Setelah memahami 'mitos' tentang karbohidrat, sekarang saatnya membahas manfaat dari zat makanan ini. Sebagaimana dibahas di atas, nutrisi yang satu ini juga bisa bikin Moms cantik, lho! Berikut daftar manfaatnya:
Manfaat Karbohidrat untuk Kecantikan
source: https://s0.bukalapak.com/uploads/attachment/63916/keto_diet.jpg
  • Anti Inflamasi dan Mencegah Jerawat.Tidak sekedar bikin kenyang, karbohidrat juga punya kemampuan membentuk anti oksidan dan menangkal bakteri pada kulit. Hal ini tentunya dapat membantu menghambat pertumbuhan jerawat pada kulit.
  • Mempercepat Penyembuhan Luka. Karena karbohidrat punya kemampuan melawan kuman, maka proses penyembuhan luka pun juga akan lebih cepat. Jika dikonsumsi, zat di dalamnya akan membantu membentuk antibodi yang mempercepat reaksi tubuh terhadap luka.
  • Mencegah Keriput. Menurut penelitian, salah satu penyebab utama muncul keriput maupun penuaan dini adalah stress. Nah, karbohidrat ternyata bisa membantu menurunkan stres dengan mempengaruhi produksi hormon dalam otak.
  • Menyuburkan Rambut. Konsumsi karbohidrat juga bisa mencegah kebotakan dan kerontolan rambut.
  • Menjaga Tubuh Tetap Ideal. Karbohidrat pada dasarnya tidak membuat gemuk. Jika dipadukan dengan olahraga teratur dan makanan bergizi seimbang, maka massa otot dan massa tubuh akan tetap terjaga.
Bagaimana Moms, sudah paham tentang karbohidrat, serta sifat-sifatnya? Mulai sekarang, jangan lagi menghindari konsumsi zat ini ya? Zat ini sangat dibutuhkan tubuh, karenanya jangan sampai ditinggalkan.