Khasiat Buah Nanas untuk Bayi


Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah nanas mengandung kalsium, zat besi, magnesium, potassium, vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan K. Banyaknya kandungan nutrisi pada buah nanas menjadikan buah ini sehat untuk dikonsumsi dan bagus untuk kesehatan.

Buah nanas akan memberikan manfaat yang baik untuk bayi apabila dikonsumsi pada waktu , cara pengolahan, dan porsi yang tepat untuk bayi. Berikut ini beberapa khasiat buah nanas untuk pertumbuhan bayi.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas
  3. Membantu menyembuhkan batuk dan pilek
  4. Memperkuat tulang
  5. Membantu penyembuhan luka
  6. Mengurangi risiko kanker
  7. Melancarkan pencernaan
Khasiat Buah Nanas untuk Bayi
source: https://id.pinterest.com


 

Waktu yang Tepat Bayi Mengkonsumsi Buah Nanas


Moms, ketika kita hendak mengenalkan beragam buah-buahan pada si kecil umur yang tepat adalah ketika bayi sudah menginjak umur 6 bulan. Pada waktu bayi sudah berumur 6 bulan sudah saatnya moms memberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya, salah satunya buah nanas. Namun jika bayi mommy sensitif terhadap makanan baru ada baiknya moms mengenalkan buah nanas ketika sudah berumur 1 tahun.

Buah nanas mengandung zat asam sitrat yang berpotensi mengiritasi saluran pencernaan bayi, khususnya untuk bayi yang memiliki refluks asam lambung. Ketika moms hendak mengenalkan buah nanas pada bayi berilah sepotong kecil saja untuk melihat reaksinya. Pemberian buah nanas untuk bayi harus dibatasi jangan terlalu banyak karena tidak baik untuk organ pencernaan bayi.

Moms dapat menunggu reaksi bayi selama 3 hari untuk memantau bayi moms memiliki alergi terhadap buah nanas atau tidak. Namun, untuk amannya ketika hendak memberikan buah nanas berkonsultasilah kepada dokter karena setiap anak memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda.

Waktu yang Tepat Bayi Mengkonsumsi Buah Nanas
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Cara Sembuhkan Batuk Bayi dengan Buah Nanas


Khasiat buah nanas dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk pada bayi yang berusia 1 tahun ke atas. Cara mengolah buah nanas menjadi obat alami adalah diolah menjadi jus. Rupanya buah nanas jauh lebih efektif menyembuhkan batuk lebih cepat ketimbang obat batuk. Berikut ini cara membuat obat batuk alami dari buah nanas.

Bahan:

  • 1 Buah nanas manis (hindari yang muda dan asam)
  • Madu secukupnya
  • Jahe setengah inci (optional)

Cara Membuat:

  1. Kupas kulit nanas dan buang sisik kulit mata nanas
  2. Potong buah nanas membentuk kubus
  3. Masukkan buah nanas yang telah dipotong ke dalam blender dan haluskan
  4. Saring buah nanas, pisahkan airnya dan buang ampasnya
  5. Masukkan air nanas ke dalam botol kedap udara dan simpan di kulkas
  6. Ketika ingin diminum tambahkan madu
  7. Jus nanas dapat bertahan di kulkas selama 3 hingga 4 hari


Cara Minum:
Gunakan beberapa sendok takar untuk bayi minum jus nanas yang telah dicampur dengan madu. Minum jus nanas setelah atau sebelum makan di pagi, siang, dan sore hari.

Cara Sembuhkan Batuk Bayi dengan Buah Nanas
source: https://id.pinterest.com

Buah nanas memiliki banyak manfaat untuk bayi, salah satunya adalah mengobati batuk dan pilek. Namun karena bayi memiliki tingkat sensitivitasnya masing-masing ada baiknya moms melihat reaksi dan berkonsultasi ke dokter untuk lebih amannya. Nah, beberapa informasi mengenai buah nanas tersebut semoga bermanfaat untuk moms dan buah hati ya.