Bahaya Paraben


Paraben adalah bahan pengawet sintetis yang biasa digunakan sebagai pengawet produk kosmetik dan farmasi. Dilihat dari segi fungsinya sebenarnya paraben memiliki manfaat untuk menjaga kualitas suatu produk dari jamur dan bakteri.

Dari tahun ke tahun badan penelitian selalu melakukan uji coba tentang bahaya paraben dan hasil yang diuji cobakan selalu berbeda dari tahun ke tahun, seperti pada tahun 1990-an di dapatkan bahwa paraben memiliki efek negatif terhadap kesehatan karena dapat menyebabkan kanker payudara. Lalu pada tahun 2005 badan penelitian melakukan uji coba pada bayi dan ibu, mereka menemukan bahwa kadar paraben yang sangat kecil tidak menyebabkan kanker atau membahayakan kesehatan.

Melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemakaian paraben dalam jumlah kecil tidak menyebabkan bahaya, namun jika pemakaiannya dalam jangka panjang tetap saja sangat berbahaya untuk kesehatan. Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh paraben.

  1. Gangguan endokrin
  2. Kanker kulit
  3. Kanker payudara
  4. Menurunkan tingkat kesuburan reproduksi
Bahaya Paraben
source: https://id.pinterest.com


 

Cara Mengetahui Produk Kosmetik yang Mengandung Paraben


Biasanya produk kosmetik yang mengandung paraben pada bagian komposisi wadahnya terdapat tulisan akhiran paraben seperti ethylparaben, butylparaben, methylparaben, propylparaben, isobutylparaben, isopropylparaben, dan sebagainya. Adanya tulisan paraben pada komposisi kosmetik tersebut sebaiknya moms hindari dan waspadai.

Meski ada beberapa negara telah memberlakukan pelarangan penggunaan paraben pada produk kosmetik namun masih ada beberapa negara yang masih menggunakan paraben meski dalam jumlah yang sedikit lho. Maka dari itu ketika membeli sebuah produk pastikan ada tulisan paraben free atau lihat para komposisi di balik kemasan untuk memastikan kandungan yang ada di dalamnya.

Cara Mengetahui Produk Kosmetik yang Mengandung Paraben
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Fragrance


Tak hanya paraben yang memberikan bahaya untuk kulit, rupanya kandungan fragrance yang terbuat dari bahan kimia juga tak baik untuk tubuh yang sensitif lho! Jika paraben merupakan pengawet agar tidak timbul jamur, fragrance adalah pewangi yang biasa digunakan di berbagai produk kosmetik. Fragrance bisa di dapatkan dari bahan alami atau kimia. 

Fragrance dinilai berbahaya karena sebagaian besar fragrance terbuat dari essential oil dan senyawa aromatik. Kedua bahan tersebut memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Beberapa diantaranya adalah reaksi alergi kemerahan, mabuk, memicu asma, sakit kepala, mempengaruhi hormon, dan masalah respiratori.

Fragrance
source: https://id.pinterest.com


 

Bahaya Paraben untuk Ibu Hamil


Sebenarnya paraben dapat kita temukan di beragam produk lainnya selain kosmetik lho, beberapa diantaranya shampoo, sabun, pasta gigi, parfum, lotion, dan sebagainya. Sebuah studi menemukan ibu hamil yang sering terpapar paraben akan berisiko tinggi untuk melahirkan bayi prematur, meningkatnya risiko keguguran, dan risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita yang sering menggunakan lotion dan kosmetik yang mengandung paraben memiliki peluang 80% lebih tinggi tubuhnya terpapar bahaya paraben dibandingkan wanita yang tidak menggunakan. Selain itu ada beberapa produk lokal yang mengandung paraben pada perlengkapan bayi karena harganya murah dan membuat produk tahan lama. Maka dari itu bagi ibu hamil sangat disarankan untuk memeriksa komposisi pada produk yang digunakan untuk menghindari bahaya pada janin.

Bahaya Paraben untuk Ibu Hamil
source: https://id.pinterest.com

Moms, sebelum membeli sebuah produk pastikan dahulu produk yang dibeli bebas paraben dan bebas fragrance. Ada baiknya moms memilih produk yang menggunakan bahan alami dan organik untuk lebih amannya. Nah, beberapa informasi mengenai bahaya paraben tersebut semoga bermanfaat ya.