Ternyata ada cara menghilangkan kutu beras dengan mudah yaitu hanya dengan menggunakan bahan dapur. Cara ini dijamin ampuh sehingga Moms tak lagi perlu khawatir dengan kutu beras. Berikut ini cara menghilangkan kutu beras yang bisa Moms coba:

Bawang Putih
Untuk menghilangkan kutu beras bawang putih sedikit beresiko karena bisa mengubah rasa dan tekstur beras. Namun layak Moms coba caranya hanya dengan siapkan irisan bawang putih lalu tempatkan di permukaan beras yang sudah dihamparkan di tampah.

Kayu Manis
Kayu manis memiliki aroma khas yang bisa mengusir kutu beras. Biasanya serangga tidak menyukai aroma kayu manis sehingga rempah ini sering digunakan untuk mengusir kutu beras. Caranya cukup Moms siapkan beberapa bagian kulit kayu manis lalu masukkan ke wadah penyimpanan beras dan cek kembali beberapa jam kedepan, kutu akan hilang dan tak akan kembali.

Daun Jeruk Purut
Tak hanya menjadi penambah cita rasa makanan, ternyata daun jeruk purut juga bisa membantu Moms menghilangkan kutu pada beras. Aroma khas yang dihasilkan daun jeruk purut tidak disukai oleh kutu beras. Caranya dengan meletakkan daun jeruk purut pada 3 bagian beras, yaitu atas, tengah, dan bawah sehingga perlahan membuat kutu akan pergi.

Daun Pandan dan Daun Salam
Kedua bahan masakan ini memiliki aroma kuat sehingga daun pandan dan daun salam ampuh mengusir kutu beras karena baunya tidak disukai kutu. Caranya dengan mengeringkan terlebih dahulu daun pandan atau daun salam lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras maka Moms tak perlu khawtir kutu-kutu tersebut kembali.

Jemur Beras di Tempat Panas
Cara ini yang paling sederhana yang bisa Moms lakukan hanya dengan menaruh beras di tampah atau wadah pipih, lalu jemur di bawah terik matahari selama beberapa jam. Maka kutu beras bisa dengan sendirinya keluar dan meninggalkan beras. Cara menghilangkan kutu ini menjadi cara yang cukup efektif.

Tutup Dengan Lap atau Kain Basah
Moms juga bisa menghamparkan beras di tampah lalu tutupi dengan lap atau kain yang sudah dibasahi dan biarkan selama beberapa menit. Kutu beras bisa menempel ke kain tersebut. Hal ini karena kutu beras ini menyukai daerah yang sejuk dan lembap.

Hilangkan Kutu Beras dengan Bumbu Dapur, Ini Cara Ampuhnya!