Indonesia dikenal sebagai Negara Kepulauan dengan sejuta keindahan. Tidak heran jika Ibu Pertiwi memiliki ratusan pulau-pulau kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Satu wilayahnya bernama Kepualuan Seribu.

Lokasi ini terbagi menjadi ratusan pulau-pulau kecil yang terpisah oleh laut yang indah. Namun pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini terletak di Pualu Pramuka sejak 2003 silam. Sebelum menjadi kabupaten, wilayah ini masuk dalam Kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara.

Di antara banyaknya pulau hanya sebelas pulau-pulau kecil yang berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Dua, dan Pulau Serbia

Eits, tapi tak hanya itu loh moms. Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat beberapa pulau yang fokus sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan lainnya.

Dengan banyaknya pulau yang tersaji di Kepualuan Seribu, bagaimana caranya agar moms dan keluarga dapat traveling dengan nyaman ya? Mommyasia akan berikan tips backpacker ke pulau seribu, semoga bisa membantu.

Tips Backpacker Hemat ke Pulau Seribu Bareng Keluarga, Gak Menguras Kantong, Moms!

1. Transport Murah Meriah ke Muara Angke

Memulai perjalanan dari rumah bisa menggunakan berbagai macam transportasi, pribadi maupun umum. Jika ingin murah meriah, moms bisa memanfaatkan Bus Trans Jakarta hanya dengan harga Rp3,500 setiap penumpang.

baca juga

2. Datang Lebih Pagi Untuk Menunggu Kapal

Kapal yang mengangkut penumpang dari Muara Angke ke Pulau tidung ditarif Rp125.000 dan berangkat pukul 8.30 WIB hingga bersauh sekitar jam 8, tergantung pulau mana yang ingin dikunjungi. Jika moms telat atau tidak segera menuju Dermaga Muara Angke, keluarga beresiko sampai di pulau tujuan ketika matahari terik di siang hari. 

Belum lagi moms harus bersaing dengan calon penumpang lain. Pasalnya maksimum kapasistas hanya 180 orang saja. Kapal yang berangkat dari Dermaga Muara Angke termasuk kapal fast boat yang tidak hanya mengantarkan ke satu pualu saja, melainkan gugusan lain di Kepulauan Seribu. So, pastikan moms persiapkan segalanya dari jauh-jauh hari ya!

2. Datang Lebih Pagi Untuk Menunggu Kapal

3. Penginapan

Jika moms dan keluarga ingin menikmati suasana liburan yang unik dan super hemat, mendirikan tenda jadi pilihan terbaik. Tetapi kalau moms takut si kecil rewel atau mencari lokasi peristirahatan lebih nyaman, rumah penduduk, kamar atau villa jadi solusi. Harga termuarah mulai dari Rp250.000 sampai Rp500.000 per malam atau kamar seharga Rp150.000 permalam.

baca juga

4. Penyewaan Sepeda

Hemm, moms ingin berkeliling pulau dengan jarak waktu lebih singkat dari jalan kaki? Penyewaan sepeda ke penduduk saja! harganya Rp20.000 selama 24 Jam. Namun, apabila moms dan keluarga menginap di bangunan milik penduduk, biasanya sepeda jadi fasilitas tambahan dan tidak lagi dikenakan biaya.

4. Penyewaan Sepeda

5. Kapal Pulang

Sebelum berpisah dengan awak kapal ketika berangkat, sebaiknya moms bertanya soal jadwal keberangkatan untuk pulang nanti. Karena setiap pulau memiliki jadwal tersendiri. Contohnya saja kapal dari Pulau Tidung hanya tersedia jam 12 siang saja. Jadi, pastikan baik-baik ya moms!

Selamat berlibur moms!