Sakit leher adalah rasa nyeri, sakit, atau tidak nyaman yang terasa pada bagian leher, yaitu mulai dari atas bahu hingga bawah kepala. Sakit leher terjadi ketika tulang belakang, persendian di area tulang belakang, dan jaringan lunak seperti otot, urat, dan ligamen mengalami luka.

Kejadian ini hampir pernah dialami oleh semua orang dan pada umumnya tidak menimbulkan komplikasi atau penyakit lain yang berbahaya. Sakit leher umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti salah posisi tidur, terlalu lama menunduk, stres, saraf terjepit, ketegangan otot, kerusakan sendi, beban yang terlalu berat, sampai cedera.

Sakit Leher Reda dengan 5 Gerakan Senam Ini, Bisa Dicoba Nih, Moms!

Gerakan Senam untuk Meredakan Sakit Leher

Sakit leher ringan yang terjadi karena sebab sederhana dan tidak berisiko umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Moms juga bisa melakukan beberapa tindakan untuk meringankan sakit leher yang terjadi seperti dengan menghindari sementara aktivitas yang butuh banyak gerakan leher, menjaga postur leher, mengurangi membawa beban berat, serta mengompres leher dengan air hangat.

Moms juga dapat melakukan beberapa gerakan senam untuk mengurangi sakit leher, berupa gerakan chin tuk, mengayunkan lengan, menyamping, bahu ke belakang, hingga gerakan menunduk.

Gerakan Senam untuk Meredakan Sakit Leher
baca juga

Gerakan Chin Tuck

Gerakan ini dimulai dengan tidur telentang kemudian tekuk ke dua lutut. Arahkan pandangan melihat ke atas dan pastikan posisi hidung melihat ke atas. Kemudian angguk-anggukan kepala secara perlahan tanpa menggerakkan leher. Ulangi minimal 10 kali, kemudian tingkatkan menjadi 20-30 kali jika sudah terbiasa dengan gerakan ini.

Moms yang mengalami sakit leher karena akibat menunduk saat melihat komputer atau gadget adalah yang paling cocok menggunakan gerakan ini.

Gerakan Chin Tuck

Gerakan Mengayunkan Lengan

Cara melakukan gerakan ini adalah putar kedua bahu ke belakang bawah, kemudian kaitkan jari tangan ke belakang pinggang. Saat menarik nafas cobalah untuk meluruskan tangan kemudian naikkan. Saat membuang napas tekuk siku ke samping sambil tetap mengaitkan jari tangan. Kemudian kembalikan tangan ke dekat pinggang. Manfaat dari gerakan ini adalah membantu merilekskan otot bahu, punggung bawah, dan leher. 

Gerakan Mengayunkan Lengan
baca juga

Gerakan Menyamping

Caranya ambil posisi duduk secara tegak dengan pandangan lurus ke depan. Kemudian miringkan kepala ke samping lalu lingkarkan tangan ke atas kepala hingga menyentuh telinga. Saat memiringkan kepala ke samping usahakan agar pandangan tetap menatap ke depan. Rasakan peregangan di sisi kiri leher, tahan selama 20-30 detik. Kemudian angkat kepala perlahan ke atas lalu turunkan ke sisi sebelah kanan. Tahan lagi selama 20-30 detik dan ulangi gerakan sebanyak 3-4 kali.

Gerakan Menyamping

Gerakan Bahu ke Belakang

Gerakan ini dapat memperbaiki postur leher dan kepala, cara melakukannya bisa sembari duduk atau berdiri. Pertama, tempatkan kedua tangan pada sisi tubuh dan biarkan bahu relaks. Kemudian dorong bahu ke arah belakang hingga tulang belikat seperti teremas. Tahan selama beberapa detik lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini hingga 10 kali. 

Gerakan Bahu ke Belakang

Gerakan Menunduk

Gerakan yang sangat sederhana tapi ampuh untuk mengatasi sakit kepala atau sakit yang timbul pada leher dan bahu. Cara melakukannya, turunkan dagu ke dada sejauh yang mampu dilakukan, tahan selama 20-30 detik lalu angkat kembali kepala ke atas. Setelah itu jauhkan kepala ke belakang sampai bisa melihat ke langit-langit. Moms bisa mendorong kepala menggunakan kedua jempol tangan yang dikepal. Tahan gerakan ini selama 20-30 detik dan lakukan secara berulang.

Gerakan Menunduk