Sayangnya punya koleksi buku yang banyak tidak menjamin bisa disimpan dengan cara yang rapi sehingga rumah tetap terlihat cantik. Tenang moms, problem ini bisa diatasi dengan beberapa model rak buku berikut ini.

1. Rak buku kayu

Buat Rumah Lebih Rapi dan Cantik dengan 5 Model Rak Buku Ini Yuk, Moms!

Rak buku dari kayu adalah pilihan terbaik jika moms punya budget lebih. Dengan bahan dari kayu maka dapat menampung sekaligus menahan buku dalam jumlah banyak. Rak ini bisa tahan lebih lama, karena meski diisi dengan banyak buku resiko kayu jadi patah atau melengkung lebih tipis.

Moms bisa pilih rak buku kayu yang menempel pada dinding lengkap dengan batang pohon sebagai penyangganya. Model ini lebih praktis karena nggak memakan banyak space dan lagi bentuknya sangat unik bukan? Atau bisa juga memilih rak buku tinggi seperti foto di kanan sekaligus untuk sekat ruangan.

2. Rak buku dinding

Buat Rumah Lebih Rapi dan Cantik dengan 5 Model Rak Buku Ini Yuk, Moms!

Mau yang lebih praktis lagi menyimpan koleksi buku moms, dad, ataupun si kecil? Dengan menjadikan dinding sebagai rak buku maka moms punya dua keuntungan sekaligus, rumah jadi lebih luas ruangannya, dan lebih artsy.

Lihat saja ide ruang belajar dengan dinding yang diubah sebagai rak buku di foto atas. Ruangan jadi terasa lebih longgar namun interiornya juga jadi cantik bukan?

baca juga

3. Rak buku minimalis

Buat Rumah Lebih Rapi dan Cantik dengan 5 Model Rak Buku Ini Yuk, Moms!

Moms pecinta trend masa kini? Sekarang lagi trend interior rumah serba minimalis jadi pasti moms cocok dengan gaya ini. Rata-rata rak buku dengan konsep minimalis memiliki desain yang sangat sederhana dengan nuansa warna putih, coklat, atau emas.

Ini untuk memberikan kesan bersih dan menjadikan ruangan terlihat lebih luas. Moms bisa pilih rak yang sudah menyatu dengan dinding atau model rak dengan bahan besi dan kayu sebagai pajangan di ruang tamu atau keluarga.

4. Rak buku plastik

Buat Rumah Lebih Rapi dan Cantik dengan 5 Model Rak Buku Ini Yuk, Moms!

Nah, kalau rak buku dari bahan plastik ini bisa moms coba modifikasi sendiri di rumah. Caranya dengan menggunakan box bekas botol susu atau bisa juga membeli rak plastik yang ada di berbagai toko pernak-pernik rumah seperti Miniso misalnya.

Selanjutnya tata box plastik ini dengan cara ditumpuk atau dijajar menyerupai rak buku. Di bagian bawahnya bisa ditambah dengan kayu sebagai penyangga agar lebih kokoh dan tak mudah roboh.

baca juga

5. Rak buku kardus

Buat Rumah Lebih Rapi dan Cantik dengan 5 Model Rak Buku Ini Yuk, Moms!

Selain rak buku dari plastik, rak buku dari bahan kardus juga bisa jadi salah satu ide menarik untuk membuat buku si kecil jadi lebih rapi sekaligus rumah lebih cantik. Memanfaatkan kardus sebagai rak buku juga salah satu cara untuk daur ulang loh! Rumah jadi lebih cantik, buku rapi, bonusnya moms juga ikut andil menyelamatkan lingkungan dari sampah.

Jika buku si kecil punya halaman sedikit dan lebih tipis, rak kardus seperti foto di kiri sangat cocok untuk moms. Bentuknya sederhana dan bisa diletakkan di meja belajar anak. Namun jika jumlah buku si kecil lumayan banyak dan tebal, model seperti foto di kanan jauh lebih cocok.