Pemberian MPASI harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan diberikan secara bertahap, karena jika terlalu cepat atau lambat bisa menimbulkan masalah kesehatan pada bayi. Nah, sebelum memulai MPASI pada si kecil ada baiknya moms mengetahui hal-hal berikut ini:

4 Hal Penting yang Harus Moms Ketahui Sebelum Memberikan MPASI Pada Bayi
source: http://jogja.tribunnews.com

Manfaat MPASI

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi memerlukan nutrisi tambahan agar tidak terjadi gangguan pada pertumbuhan dan pekembangannya. Selain itu, pemberian MPASI juga berfungsi untuk melatih kemampuan otot oromotor (otot-otot di mulut) dan kemampuan motorik bayi. Dengan MPASI juga si kecil dapat mengeksplore berbagai macam rasa serta tekstur makanan.

4 Hal Penting yang Harus Moms Ketahui Sebelum Memberikan MPASI Pada Bayi
source: https://hellosehat.com

Tanda bayi siap dikenalkan MPASI

Beberapa tanda bayi sudah mulai siap dikenalkan MPASI adalah saat bayi bisa berdiri jika dibantu, ia juga mampu menegakkan kepala dan leher supaya tidak jatuh. Moms juga bisa mengamati apakah ia sudah menunjukkan kemampuan motorik baik seperti menggenggam atau memasukkan benda dalam mulut.

Dan yang terakhir jika bayi sudah mulai bergerak condong ke depan dan membuka mulut jika tertarik pada makanan, serta ke belakang dan menutup mulut jika tidak tertarik pada makanan atau tidak lapar.

baca juga
4 Hal Penting yang Harus Moms Ketahui Sebelum Memberikan MPASI Pada Bayi

Alasan MPASI diberikan saat bayi usia 6 bulan

Mengacu pada AKG (Angka Kebutuhan Gizi) tahun 2013,  kebutuhan gizi bayi meningkat setelah usia 6 bulan sehingga diperlukan asupan tambahan selain ASI. Selain itu, sistem pencernaan bayi sudah mulai berkembang dengan baik. Sehingga, ia mampu mengolah, mencerna, serta menyerap protein, lemak, dan karbohidrat dari bahan makanan selain ASI.

Di usia 6 bulan juga sistem pernafasan dan juga oromotor pada bayi semakin berkembang. Kemampuan mengontrol lidahnya juga meningkat seiring mulai tumbuhnya gigi. Di usi ini pula bayi sudah mulai bisa mengunyah dan menelan jadi resiko tersedak makin kecil.

 

 

4 Hal Penting yang Harus Moms Ketahui Sebelum Memberikan MPASI Pada Bayi
source: https://awsimages.detik.net.id

Panduan MPASI sesuai usia

Pada usia 6-8 bulan, MPASI diberikan 2-3 kali sehari, dengan makanan seliang 1-2 kali. Jenis makanan yang bisa moms berikan biasanya makanan lumat seperti buah yang dikerok atau dihaluskan seperti pisang, pepaya, kentang, atau bubur saring. JIka sudah biasa, moms bisa menambahkan protein yang dihaluskan.

Di usia 9-11 bulan MPASI diberikan 2-3 kali sehari dengan makanan selingan 1-2 kali. Karena pencernaan bayi sudah mulai kuat di usia ini maka bubur saring, nasi tim, biskuit, dan finger food bisa mulai moms berikan.

Saat bayi memasuki usia 12 bulan keatas, MPASI diberikan 2-3 kali sehari, dengan makanan selingan 1-2 kali. Makanan yang bisa moms berikan berupa nasi lembek dengan lauk tahu, tempe, telur, ikan, atau  daging yang sudah dicincang terlebih dahulu.