Olahraga berlebihan demi angka timbangan yang lebih kecil memang sebuah perjuangan yang nggak sia-sia. Tapi ada juga loh wanita yang mengalami berat badan naik setelah olahraga ekstra. Moms sedang mengalami problem ini? Jangan buru-buru panic, bisa jadi ini penyebabnya!

Berat Badan Malah Naik Setelah Rajin Olahraga, Kenapa Ya, Moms?
source: https://www.huffingtonpost.com.au

Stress

Kalau moms melakukan olahraga secara berlebihan maka keseimbangan tubuh akan hilang dan juga bisa membuat tubuh jadi stress. Jika moms melakukan olahraga dengan tepat, nutrisi baik, dan istirahat yang cukup maka stress akibat efek samping olahraga bisa dilalui oleh tubuh.

Olahraga berlebihan juga bisa membuat pelepasan hormon kortisol tak terkendali. Hormon ini adalah hormon penyebab stress dan dapat meningkatkan lemak di sekitar perut.

Berat Badan Malah Naik Setelah Rajin Olahraga, Kenapa Ya, Moms?
source: https://www.healthline.com

Makan lebih banyak setelah olahraga

Sadar atau nggak, olahraga berlebihan bisa membuat tubuh jadi lebih lelah sehingga moms akan merasa lapar lebih cepat karena energi terkuras dengan cepat. Kondisi ini yang akan membuat moms jadi makan jauh lebih banyak.

Belum lagi jika moms memilih makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat. Maksud hati susah payah menghilangkan lemak di tubuh malah menimbun lemak usai olahraga. Tak heran jika olahraga yang sudah dilakukan tadi jadi sia-sia.

baca juga
Berat Badan Malah Naik Setelah Rajin Olahraga, Kenapa Ya, Moms?
source: https://skinnyms.com

Olahraga tidak teratur

Kenaikan berat badan juga dipicu dengan olahraga yang tidak teratur. Misalkan moms melakukan olahraga intensitas tinggi seperti HIT Cardio dalam waktu lama namun tidak teratur. Maka bisa menyebabkan tubuh merasa tidak tertantang dan berusaha keras dalam membakar lemak serta kalori. Ini malah bisa membuat lemak dalam tubuh makin menumpuk loh.

Berat Badan Malah Naik Setelah Rajin Olahraga, Kenapa Ya, Moms?
source: https://www.building-muscle101.com

Penambahan massa otot

Terakhir, penambahan berat badan ini bukan selalu karena lemak yang membuat makin gemuk. Melainkan karena bertambahnya massa otot, massa otot ini jauh lebih berat dari pada lemak. Jadi nggak heran jika berat badan moms naik meski lemak sudah berkurang.