Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah

Mata mengeluarkan air saat mengiris bawang merah merupakan hal yang biasa terjadi. Dengan sendirinya, air mata akan keluar dari mata saat Moms sedang mengiris bawang merah. Tidak hanya berair, mata juga akan terasa sangat perih. Tidak jarang si kecil mengira Moms sedang menangis, padahal air mata tersebut keluar dengan sendirinya saat Moms sedang mengiris bawang merah. Kira-kira kenapa ya hal tersebut bisa terjadi?

Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah
source: https://www.nydailynews.com/resizer/oSKCRsL6ZagPE2kVr3FMnhWGkMc=/1400x0/arc-anglerfish-arc2-prod-tronc.s3.amazonaws.com/public/MEPBVEGX6IC6LESKF244OIIOO4.jpg

​​​​​​​Penyebab Mata Berair

Saat mengiris bawang, mata akan terasa perih dan mengeluarkan air mata. Hal tersebut terjadi karena, saat diiris, bawang merah akan melepaskan senyawa kimia propanethiol S-oxide yang kemudian bercampur dengan enzim tertentu dan menghasilkan gas sulfur. Gas sulfur tersebutlah yang akan bereaksi terhadap mata Moms. Jika tidak dilindungi, mata terasa perih dan mengeluarkan air mata.

​​​​​​​Penyebab Mata Berair
source: https://www.wendyls.co.nz/wp-content/uploads/2018/10/onion-tears.jpg
baca juga

​​​​​​​Cara Mencegah Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah

Moms bisa melakukan cara-cara berikut ini agar mata tidak berair saat mengiris bawang merah.

Iris Bawang Merah di Dekat Air Mengalir

Air dapat menyerap gas sulfur yang dihasilkan oleh bawang merah saat sedang diiris. Oleh karena itu irislah bawang merah dekat dengan air mengalir atau tepat dibawahnya. Komponen dari bawang merah yang membuat mata berair akan terbawa air dan tidak akan mengganggu mata saat Moms sedang mengiris bawang merah.

​​​​​​​Cara Mencegah Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah
source: https://assets.tastecooking.com/wp-content/uploads/2018/09/shutterstock_174924719-2000x1333.jpg
baca juga

Dinginkan Bawang Merah Sebelum Dipotong

Cara berikutnya yaitu dengan memasukkan bawang merah yang hendak dipotong ke dalam freezer selama 10-15 menit. Tujuannya yaitu untuk mengurangi jumlah enzim asam yang ada di dalam bawang merah sehingga nantinya tidak akan membuat mata berair saat dipotong. Cara ini disebut-sebut sebagai cara yangpaling efektif untuk mencegah mata berair.

​​​​​​​Cara Mencegah Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah
source: https://www.naukrinama.com/stressbuster/wp-content/uploads/2017/03/onion-in-freez.jpg

Gunakan Kacamata

Menggunakan kacamata juga dapat membantu mencegah mata perih dan berair saat memotong bawang merah. Gas yang dihasilkan oleh bawang merah tidak akan membuat mata berair. Namun yang perlu diperhatikan adalah, gunakan kacamata yang menutupi mata secara keseluruhan tanpa adanya celah udara, seperti kacamata renang ataupun kacamata laboratorium agar udara tidak dapat menghantarkan gas dari bawang merah ke mata.

​​​​​​​Cara Mencegah Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah
source: https://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s--KLCDmXs9--/c_scale,f_auto,fl_progressive,q_80,w_800/18l0qzedpq86zjpg.jpg

Demikian beberapa cara yang efektif untuk mencegah mata berair saat mengiris bawang merah. Selamat mencoba Moms!