Gejala Asam Urat


Asam urat menyerang sendi. Gejalanya sendi akan tampak memerah, mengkilat, bengkak, kulit diatasnya terasa panas, nyeri dan sulit digerakkan. Gejala lain adalah demam, kepala terasa sakit, nafsu makan berkurang, dan jantung berdebar.
 
Serangan pertama asam urat pada umumnya terjadi pada pangkal ibu jari kaki. Namun, serangan asam urat bisa terjadi pada sendi lain seperti tumit, lutut dan siku.

Source: https://www.panduanbpjs.com

Nanas Obat Asam Urat Alami


Nanas termasuk buah-buahan yang mengandung purin. Setiap satu buah nanas mengandung 0-5 mg. Namun menurut penelitian University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, nanas mengandung bromelain.
 
Bromelain merupakan enzim proteolitik yang ditemukan pada batang dan buah nanas yang bisa menghambat protein berubah menjadi asam urat tambahan di dalam tubuh. Enzim ini memiliki sifat anti peradangan sehingga mampu mencegah terjadinya serangan asam urat. 

Source: https://www.alodokter.com
baca juga

Jus Nanas untuk Obat Asam Urat


Agar asam urat tidak menyerang kembali, dianjurkan untuk hidup sehat. Olahraga rutin dan makan makanan yang sehat serta tidak mengandung zat purin. Konsumsi jus buah seperti buah nanas bisa mengobati asam urat. 

Source: https://medium.com/@riskafitrinurainy

Nanas, Lobak, dan Kemiri untuk Obat Asam Urat


Lobak mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat mengatasi asam urat. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat memecah protein pada susu, daging dan gelatin sehingga tidak berubah menjadi asam urat. Sementara kemiri sudah dikenal sebagai obat tradisional yang bermanfaat menurunkan asam urat.
 
Karena manfaatnya itu, lobak, nanas dan kemiri merupakan perpaduan yang efektif untuk menyembuhkan asam urat. Karena dari bahan-bahan alami tentunya tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan kimia.

Source: https://www.youtube.com/watch?v=CHYfLmTSNg8


 

baca juga

Nanas Penyebab Asam Urat


Nanas yang masuk dalam sistem pencernaan akan terfermentasi dan berubah menjadi alkohol. Alkohol memperburuk asam urat karena bisa meningkatkan purin dengan cepat. Namun, dalam penelitian mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jombang, buah nanas bisa menyembuhkan asam urat.
 
Penelitian itu dilakukan di panti jompo Werdha Mojopahit Mojokerto. Semua lansia diberi jus nanas. Dari hasil penelitian separuh lansia mengalami penurunan kadar asam urat.

Source: https://www.viva.co.id

Membingungkan ya? Coba saja konsumsi jus nanas untuk beberapa kali jika kondisinya memburuk sebaiknya hentikan. Tapi jika kondisinya semakin membaik sebaiknya dilanjutkan hingga asam urat benar-benar sembuh.