Banyak penyebab terjadinya sakit leher sebelah kiri, moms. Sakit leher biasanya terjadi tepat di bawah telinga. Umumnya, masalah sakit leher ini dialami oleh lansia atau orang yang sudah menginjak 50 tahun. Tentu sakit leher ini sangat mengganggu aktivitas ya, moms. Selain lansia, atlet yang melakukan aktivitas fisik berat juga rentan mengalami sakit leher di bawah telinga.

Penyebab Sakit Leher Sebelah Kiri

Umumnya sakit leher di bawah telinga terjadi karena terlalu banyak aktivitas atau moms melakukan aktivitas yang terlalu berat. Atlet yang biasanya mengalami sakit leher pun penyebabnya karena cedera. Leher akan terasa kaku dan bisa jadi otot leher mengalami kerusakan.

Namun ada banyak lagi faktor yang menyebabkan sakit leher seperti otot leher yang menegang. Ketegangan otot leher pun disebabkan karena posisi tidur yang tidak baik, sehingga sakit leher pun terjadi. Posisi duduk yang salah seperti tulang leher belakang bengkok atau tidak lurus bisa menjadi penyebab leher sebelah kiri sakit.
 
Masalah penyakit serius juga menyebabkan sakit leher seperti penyakit kanker, tumor, meningitis, dan kelenjar getah bening. Usia yang bertambah menyebabkan leher sebelah kiri mengalami aus, hingga menyebabkan gangguan degenratif atau memburuknya jaringan seiring berjalannya waktu. Degenratif sendiri umumnya dialami lansia dan terbilang kronis.

Sementara itu, penyakit degeneratif yang berhubungan dengan sakit leher sebelah kiri antara lain stenosis spinal dan osteoartritis servikal.

Penyebab Sakit Leher Sebelah Kiri
baca juga

Cara Meringankan Sakit Leher Sebelah Kiri

Leher sebelah kiri yang sakit bisa diredakan, moms. Moms bisa melakukan gerakan senam yang sesuai dan tentu nyaman untuk kesehatan leher moms. Beberapa jenis senam untuk meredakan sakit leher sebelah kiri antara lain gerakan mengayun lengan, chin tuck, menunduk, menyamping, dan lain-lain.

Moms juga bisa konsultasikan ke dokter jenis senam apa yang cocok untuk meredakan atau mengatasi masalah sakit leher. Kompres hangat di area yang sakit juga bisa moms lakukan di rumah yakni dengan mengisi botol minum dengan air panas, kemudian kompres atau tempelkan pada leher.

Kurangi lah aktivitas yang terlalu berat atau aktivitas yang melibatkan kerja leher moms. Pastikan moms memiliki waktu tidur yang cukup dengan menggunakan bantal yang nyaman, jika dirasa leher mulai pegal, lakukan pijatan ringan untuk merilekskan kembali otot leher. Intinya istirahat cukup dan memilih makanan kaya nutrisi, ya.

Cara Meringankan Sakit Leher Sebelah Kiri