Setiap wanita yang mengalami menstruasi pasti akan mengeluarkan darah melalui vaginanya. Durasi dan jumlah darah yang keluar selama menstruasi akan berbeda pada setiap wanita. Hal tersebut bergantung pada usia dan hormon wanita itu sendiri.

Umumnya siklus menstruasi terjadi setiap 21-35 hari, dan dalam kondisi menstruasi normal darah yang akan keluar yaitu sebanyak 40 cc atau sekitar 3 sendok makan per hari. Darah tersebut biasanya akan terus keluar selama 4-5 hari. Batasan normal jumlah darah yang keluar saat menstruasi adalah 80 cc setiap hari dengan durasi mens selama 2-7 hari.

Darah Haid Berwarna Hitam, Apakah Normal dan Kapan Harus Khawatir?

Darah Haid yang Normal

Pakar hormon dan reproduksi wanita dari John Hopkins University, Alisa Vitti menjelaskan bahwa darah menstruasi atau haid yang normal seharusnya berwarna merah terang. Merah yang dimaksud adalah seperti warna buah ceri ranum. Namun, pada setiap wanita warna merah ini bisa menjadi bervariasi, tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah.

Warna merah ceri pada darah haid dapat dijadikan pertanda bahwa menstruasi berlangsung teratur dan sehat, dan darah dengan warna ini biasanya paling terlihat pada hari pertama dan kedua menstruasi, karena pada hari pertama dan ke dua darah yang keluar masih segar dan alirannya cukup deras. 

Darah Haid yang Normal
baca juga

Darah Haid Hitam

Setelah membaca penjelasan di atas, moms mungkin menjadi bingung dan bertanya-tanya apakah berarti darah haid yang moms keluarkan tidak normal? Karena dalam sekali siklus haid, biasanya warna darah yang keluar dapat berubah dan sering kali berwarna hitam atau cokelat pekat. Jangan khawatir moms, darah haid hitam berasal dari darah merah yang telah kehilangan kandungan oksigen.

Hal tersebut disebabkan karena darah haid sudah terjebak cukup lama dalam rahim, sehingga telah melepaskan oksigen yang membuat sel darah rusak dan keluar dengan warna hitam. Perlu moms tahu, kandungan oksigen yang cukup tinggi pada darah akan membuatnya berwarna merah terang. Kehilangan kandungan oksigen dalam darah berarti akan membuat warnanya jadi lebih pekat. 

Darah Haid Hitam

Penyebab Darah Haid Hitam

Biasanya darah haid hitam keluar pada awal masa haid karena tubuh mengeluarkan jaringan endometrium yang belum dikeluarkan pada haid sebelumnya. Atau darah haid hitam juga bisa keluar pada akhir masa haid karena darah sudah terlalu lama disimpan dalam tubuh sehingga warnanya sudah teroksidasi. Darah haid berwarna hitam juga rentan dialami oleh para remaja yang baru pertama kali mengalami menstruasi. Hal tersebut disebabkan karena kondisi hormon yang belum stabil, seiring berjalannya waktu dan mereka beranjak dewasa darah haid akan berwarna normal karena hormon dalam tubuhnya sudah lebih stabil. 

baca juga

Kapan Harus Khawatir

Meskipun bukan merupakan hal yang berbahaya, keluarnya darah haid berwarna hitam secara tidak normal juga patut moms waspadai. Terutama jika darah hitam tersebut selalu keluar dalam bentuk flek setelah berhubungan seks, haid yang berlangsung sangat lama hingga 2-4 minggu dengan darah menggumpal, darah berbau busuk, terjadi gatal pada vagina, keluar darah hitam di usia 40 tahun lebih, atau darah hitam muncul setelah memasang KB IUD. Atau jika darah hitam yang keluar cenderung berwarna abu-abu kehitaman, itu bisa menjadi pertanda adanya infeksi rahim.

Biasanya warna ini keluar pada hari ke 4 menstruasi dan bercampur dengan warna merah. Moms harus segera pergi dokter, terlebih jika darah hitam yang keluar disertai dengan bau busuk. Sedangkan bagi wanita hamil keluarnya darah hitam bisa menjadi pertanda keguguran, maka darah harus dikeluarkan sepenuhnya agar tidak terjadi hal berbahaya lain seperti kista atau tumor.

Kapan Harus Khawatir