Penyakit Leukimia

Kanker darah atau leukimia adalah keadaan dimana sumsum tulang belakang yang memproduksi sel putih terlalu banyak. Hal ini dapat menyebabkan penumpukkan atau justru menyebar ke organ tubuh lainnya seperti hati, limpa, ginjal, paru-paru atau bahkan ke otak.

Pencegahan Leukimia

Secara umum, diagnosa kanker darah / leukimia dilakukan dengan wawancara medis mengenai keluhan dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Nah, beberapa tanda umum penyakit leukimia ini adalah kulit dan area mata yang pucat, pembesaran kelenjar getah bening, rasa kelelahan dan lemah yang berlebihan, sering mimisan, nyeri tulang dan lain sebagainya.
 
Walau saat ini belum ada cara pencegahan untuk mencegah kanker darah, namun jika anggota keluarga atau seseorang yang mengalami gejala dan tanda penyakit leukimia bisa segera konsultasi ke dokter. Selain itu, bisa coba untuk melakukan hal-hal dibawah ini untuk mengurangi resiko leukimia.

Hindari Makanan dengan Kandungan Zat Karsinogenik

Penyebab kanker yaitu perubahan sel-sel DNA yang dipicu oleh karsinogen. Karsinogenik hal seperti  zat-zat,virus atau bahan yang dapat memicu kanker. Zat ini mudah pecah dan menggandakan sel-sel lebih cepat, sehingga meningkatkan resiko perubahan DNA. Beberapa jenis karsinogen yang ada pada makanan diantaranya adalah proses penggaraman, fermentasi, kontaminasi pada biji gandum yang menghasilkan jamur karsinogen yaitu aflatoksin serta bahan kimia pada makanan seperti sakarin atau pewarna makanan.

Penyakit Leukimia

Hindari Rokok dan Alkohol

Kandungan rokok berisi 70 zat yang dipercaya sebagai pemicu kanker seperti nikotin, karbon monoksida, ammonia, arsenik,benzena dan lain sebagainya. Selain memicu timbulnya kanker, merokok juga dapat menyebabkan sakit paru-paru dan organ tubuh lainnya. Bukan hanya rokok, minuman beralkohol juga merupakan bahan campuran yang memiliki zat karsinogen.

Hindari Rokok dan Alkohol
baca juga

Diet Sehat

Mulailah dengan pola hidup dan diet yang sehat dengan mengurangi minyak atau makanan yang dibakar. Serta konsumsi lebih banyak sayur serta buah untuk mengurangi tingkat DNA dan oksidasi dari senyawa karsinogen, sehingga bisa mengurangi resiko terserang kanker moms.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang teratur juga diperlukan untuk menyeimbangkan gaya hidup sehat yang sedang dilakukan moms. Hal ini juga bertujuan agar berat badan tetap stabil dan terhindar dari obesitas. Karena, kelebihan berat badan dipercaya memiliki resiko terkena kanker leukimia lebih tinggi dari orang yang memiliki berat badan normal.

Diet Sehat