Leukimia adalah

Kondisi dimana sel darah putih lebih banyak dari sel darah merah. Sel darah putih ini bersifat abnormal karena proses pembentukannya tidak normal. Jika sel abnormal ini berlebih, maka fungsi sel darah putih yang seharusnya melawan infeksi justru akan menjadi sel ganas yang menyebar ke organ tubuh lainnya.

Gejala Leukimia pada Anak

Biasanya leukimia baru diketahui saat munculnya demam yang cukup tinggi hingga 38 derajat yang berlangsung beberapa hari namun sering terjadi, gejala kelelahan, pusing, lemah, sakit kepala, kulit pucat, sesak napas, sering mimisan, mudah terkena infeksi, gusi rentan berdarah, rasa nyeri pada sendi atau tulang hingga bengkak akibat kelenjar getah bening yang sering terlihat pada area perut, dada, pangkal paha, leher, dan ketiak.

Leukimia adalah

Penyebab Leukimia pada Anak

Penyebab leukimia secara umum memang belum pasti diketahui, namun beberapa faktor diyakini sebagai penyebab penyakit berbahaya ini. Penyakit leukimia juga bisa berasal dari faktor internal dan eksternal tubuh.

Paparan Polusi dan Bahan Kimia

Bukan Cuma di dalam rokok dan bensin, senyawa kimia organik Benzena atau benzol juga banyak ditemukan dalam produk olahan lain. Plastik, karet, tinta printer, ataupun pewarna rambut adalah produk olahan yang mengandung benzena, yang bersifat karsinogenik dan berbahaya untuk tubuh.

Asap Rokok

Bahaya rokok bukan hanya untuk perokok aktif, perokok pasif seperti anak-anak yang menghisap asap rokok pun terkena dampaknya. Zat nikotin, karbon monoksida, ammonia, arsenik,benzena dan lain sebagainya dapat masuk ke dalam tubuh dan memicu timbulnya kanker. Semakin sering terpapar asap semakin besar juga kemungkinan resiko menderita penyakit ini moms.

Penyebab Leukimia pada Anak
baca juga

Infeksi Virus

Selain akibat paparan bahan kimia, radiasi dan asap rokok, infeksi akan virus tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit leukimia.

Kelainan Genetik

Salah satu penyebab penayikit leukimia yang sulit dicegah adalah karena kelainan genetik. Hal ini terjadi ketika keluarga terdekat yang memiliki hubungan darah memiliki riwayat penyakit leukimia, maka ada kemungkinan keturunannya juga akan memiliki penyakit serupa moms.

Infeksi Virus