Sebenarnya, tidak ada aturan khusus dalam memasak nasi goreng karena bahan-bahannya sangat simple. Pertama, harus ada nasi, bumbu, dan bahan tambahan apapun yang ada di dapur. Siapapun juga bisa membuat, baik itu Moms, suami, ataupun anak-anak. Kemudahan inilah yang membuat semua orang suka. Meskipun begitu, ada teknik memasak nasi goreng ala restoran yang rasanya maknyus dan pasti lebih nikmat.

Berikut beberapa tips memasak nasi goreng yang Moms harus tahu:

Bikin yang Beda Moms, Ini Tips Memasak Nasi Goreng Lezat Ala Restoran

Nasi Putih

Nasi putih merupakan bahan dasar utama memasak nasi goreng. Jika di restoran menggunakan nasi bertekstur pera yang tidak lembek, maka Moms bisa mengakali dengan simpan nasi putih di kulkas. Iya, Moms, pernah melakukan hal ini kan? Menurut publikasi Daily Mail, Moms dapat menyimpan nasi putih di dalam kulkas dengan waktu tidak lebih dari 24 jam.
 
Pendinginan di dalam kulkas dapat membuat nasi tidak menempel satu sama lain atau semakin mengeras. Nah, tips ini bisa Moms lakukan saat hendak membuat nasi goreng. Simpan sekitar satu jam lalu dipanaskan kembali dan olah menjadi nasi goreng. Maka tekstur ala nasi goreng restoran akan Moms dapatkan dari nasi putih biasa yang ada di rumah. Oh iya, seorang ahli gizi, Fiona Hunter mengatakan bahwa nasi putih tersebut tidak boleh dipanaskan lebih dari satu kali ya Moms.

Bikin yang Beda Moms, Ini Tips Memasak Nasi Goreng Lezat Ala Restoran

Bumbu

Saat ini memang sudah banyak bumbu instan yang beredar di pasaran, namun bumbu buatan sendiri tetap yang terbaik ya Moms. Selain rasa istimewa, Moms bisa pilih bumbu nasi goreng sesuai selera.
 
Selain cincangan bawan merah dan bawang putih, Moms dapat membuat nasi goreng lebih nikmat dengan perpaduan bahan saus berupa sambal terasi ABC, saus cabe , saus tiram, saus tomat, kecap manis, dan kecap asin. Terakhir, membubuhkan minyak wijen dapat memberkuat rasa nasi goreng.
 
Pilihan Toping

Restoran selalu menyajikan menu nasi goreng lengkap dengan berbagai pilihan toping. Bahkan namanya biasa diambil nasi topping itu sendiri, seperti nasi goreng seafood, nasi goreng ayam suwir, ataupun yang lainnya. Nah, Moms juga memilih toping ini sesuai selera maupun sesuai persediaan yang ada di rumah.
 
Toping yang tersaji bersama nasi goreng bisa dimasak langsung bersama dengan nasi goreng itu sendiri maupun mengolahnya tersendiri. Misalnya telur dadar, moms bisa menggoreng terpisah ataupun mengocoknya langsung ketika menumis bumbu tadi. Begitupun ayam, sosis, bakso, kerupuk, potongan seafood dan lainnya. Oh iya Moms, menambahkan irisan sayur seperti wortel, jagung manis, buncis, atau kacang polong dapat menambah citarasa segar lho.

baca juga
Bikin yang Beda Moms, Ini Tips Memasak Nasi Goreng Lezat Ala Restoran

Peralatan Memasak

Moms pernah memerhatikan enggak, kalau koki-koki restoran menggunakan api besar saat memasak. Begitu pula dengan penjual nasi goreng yang biasa buka keda di pinggir-pinggir jalan. Iya, itulan kompor high pressure yang menjadi teknik andalan memasak nasi goreng yang nikmat. Kadang apinya menyembur ke udara. Hm, terus gimana kalau Moms tidak punya kompor yang seperti ini?
 
Tenang Moms, semua itu bisa diganti dengan menyediakan wajan yang besar dan mengatur nyala api. Pakai wajan besar dengan gagang agar Moms dapat mengaduk bumbu dan nasi dengan lebih leluasa. Gunakan api sedang saat menumis bumbu, lalu kecilkan api ketika mencampur bumbu dengan nasi. Setelah merata, barulah membesarkan api dengan nyala maksimal. Goreng selama 2 hingga 3 menit lalu masukkan minyak wijen di akhir. Maka hidangan nasi goreng ala restoran dapat moms nikmati dengan keluarga di rumah.
 
Penyajian

Semua menu di restoran pasti disajikan dengan cantik pada wadah makanan. Iya Moms, estetika juga perlu dan sangat mempengaruhi mood ketika makan lho. Jadi, Moms bisa meniru gaya penyajian ala restoran ini supaya selera makan semakin baik. Misalnya menyajikan nasi goreng di atas piring yang berbentuk. Mencetak dalam mangkok juga akan membuat nasi bertahan hangat lebih lama lho Moms. Agar cantik, Moms juga dapat menambahkan hiasan tomat, selada, atau saos di pinggiran piring.