Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah

Menstruasi merupakan siklus alami yang dialami setiap perempuan dengan rentang waktu 25-35 hari sekali. Jika kurang atau lebih dari waktu tersebut biasanya indikasi terjadi gangguan tertentu. Untuk itu, hal mengenai menstruasi sudah seharusnya diperhatikan oleh setiap perempuan ya, Moms.

Menstruasi menjadi tidak teratur setelah menikah dapat disebabkan oleh hal-hal pemicu seperti stress atau adanya beban pikiran berlebih, perubahan berat badan, penggunaan alat kontrasepsi, melakukan banyak kegiatan baru setelah menikah yang berpotensi menyebabkan kelelahan, perubahan pola dan gaya hidup, efek merokok, ada masalah pada tiroid yang memproduksi hormone dan mengatur metabolisme tubuh, sampai dengan menopause dini dan tanda penyakit tertentu.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Moms!

Stress
​​​​​​

Stress yang berlebihan memang selalu dapat berdampak buruk terutama oada kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol dan mengelola stress yang dapat muncul kapan saja. Tidak serkecuali setelah menikah. Alih-alih merasa sangat bahagia pasca menikah, Moms tetap berpotensi mengalami stress akibat terjadinya banya perubahan pada awal pernikahan seperti tempat tinggal baru atau kebiasaan-kebiasaan baru yang berbeda dibandingkan ketika sebelum menikah. Hal itu masih termasuk wajar kok, Moms. Namun memang dapat berpengaruh pada siklus menstruasi juga jika stress tidak bisa dikendalikan dengan baik.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Moms!
baca juga

Kenaikan Berat Badan
​​​​​​

Jika sebelum menikah perempuan cenderung ingin menurunkan berat badannya untuk terlihat sempurna di mata pasangan dan di hari pernikahan, setelah menikah hal tersebut mungkin justru sebaliknya. Makan bebas tak terkontrol karena merasa bahagia setelah menikah dan merasa sudah menemukan pasangan hidup sehingga tak perlu terlalu memusingkan penampilan lagi sangat mungkin membuat berat badan Moms naik dengan pesat.

Kenaikan berat badan tersebutlah yang dapat mengganggu siklus menstruasi, Moms. Perempuan gemuk cenderung memiliki jumlah estrogen yang lebih banyak dalam tubuh sehingga berpengaruh pada menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Moms!

Efek Alat KB

Siklus mentruasi yang tidak teratur setelah menikah juga dapat disebabkan oleh alat kontasepsi atau KB yang digunakan. Salah satu yang paling berpengaruh ialah penggunakan pil KB. Bahkan Moms membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk mengembalikan siklus mentruasi menjadi normal setelah memutuskan untuk berhenti minum pil KB. Oleh karenanya, penting untuk mencatat atau mengingat siklus menstruasi setiap bulannya agar Moms segera mengetahui saat menstruasi mulai terjadi secara tidak teratur.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Moms!
baca juga

Tips Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur
​​​​​​

Beberapa tips yang bisa Moms terapkan ketika mengalami menstruasi yang tidak teratur antara lain beradaptasi dengan perubahan gaya hidup baru jika ada, perhatikan makanan yang dikonsumsi sebaiknya lakukan juga diet sehat, kendalikan stress yang mungkin sering muncul, olahraga ringan yang teratur, gunakan kontrasepsi sesuai anjuran dokter dan konsultasikan dengan kondisi tubuh dan hormonal yang terjadi, terapkan pola hidup sehat mengonsumsi obat untuk melancarkan menstruasi bila perlu, terapi hormon sampai dengan mengatasi gangguan kelenjar tiroid jika memang ada, Moms.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang dianggap mengarah pada hal serius yang mengharuskan Moms memeriksakan ke dokter terkait dengan menstruasi yang tidak teratur tersebut, yaitu ketika tidak kunjung menstruasi selama 3 siklus berturut-turut namun tidak juga hamil, mengalami menstruasi lebih dari 7 hari, mendadak mengalami menstruasi yang tidak teratur padahal sebelumnya tidak pernah demikian, menstruasi terjadi cukup berat dan pendarahan lebih banyak daripada biasanya atau terjadi sakit perut yang dahsyat pada saat menstruasi dan berbeda daripada yang biasa dirasakan.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Moms!