Durian memang memiliki rasa yang menggugah selera dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti pancake durian, lempok durian, keripik durian, hingga tempoyak durian. Tempoyak merupakan salah satu resep masakan berupa bumbu yang berasal dari durian yang telah difermentasikan.

Tempoyak durian merupakan makanan khas Indonesia khususnya Sumatera Selatan yang sering dijadikan lauk pauk atau disantap bersama dengan nasi serta sebagai bumbu pepes ikan atau sambal. Proses fermentasi lah yang membuat sambal tempoyak durian terasa lebih asam. Kalau di daerah Palembang sendiri, memasak tempoyak dicampur dengan daging ayam. Untuk membuat tempoyak dari fermentasi durian tidak terlalu sulit namun menghabiskan waktu yang cukup lama. Berikut resep tempoyak durian yang bisa moms olah sebagai sambal.

Bahan Utama Tempoyak Durian

Bahan utama dari tempoyak durian tentu buah durian ya moms. Namun, pastikan durian yang moms pilih dagingnya banyak atau matang dan harum. Selain durian, bahan utama tempoyak durian yakni garam.

Bahan Utama Tempoyak Durian
baca juga

Resep Sambal Tempoyak Durian

Sebelum membuat sambalnya, buat dulu tempoyak durian atau fermentasi durian. Berikut di bawah ini resepnya:

  1. Ambil daging buah durian sebanyak 200 gram, kemudian masukkan daging buah durian ke dalam toples atau wadah yang bisa tertutup rapat.
  2. Diamkan daging durian yang ada di dalam toples selama 1 minggu. Setelah 1 minggu, buka toples dan aduk rata buah durian yang telah difermentasi. Tempoyak pun siap digunakan untuk kemudian dibuat sebagai sambal.  
Resep Sambal Tempoyak Durian

Bahan membuat sambal tempoyak durian

  1. 2 buah cabai merah keriting
  2. Cabai rawit, sesuai selera
  3. 6 siung bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. Gula pasir secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya
  8. Tempoyak durian
baca juga

Cara Membuat Sambal Tempoyak Durian

  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.
  2. Tumis sampai harum semua bumbu yang sudah dihaluskan di atas minyak goreng secukupnya yang telah dipanaskan.
  3. Masukkan tempoyak durian, tambahkan gula dan garam secukupnya. Kemudian tumis kembali hingga sambal tempoyak durian siap disajikan.
Cara Membuat Sambal Tempoyak Durian