Apa Itu Keloid

Biasanya kulit yang mengalami luka akan mengalami proses penyembuhan melalui jaringan ikat yang membantu meperbaiki dan melindungi kulit yang mengalami kerusakan. Namun sayangnya dalam beberapa kasus, jaringan tersebut tumbuh secara berlebih, menebal dan melebar. Hal inilah yang disebut dengan keloid.

Keloid Pasca Melahirkan Caesar

Walau keloid tidak begitu menimbulkan masalah kesehatan, keloid justru menganggu penampilan karena membuat kulit sekitarnya menjadi lebih gelap atau mengurangi kepercayaan diri. Selain faktor genetik, adanya luka pada kulit juga menjadi penyebab terbesar munculnya keloid, salah satunya luka pasca operasi caesar yang mungkin pernah moms lakukan.

Apa Itu Keloid

Cara Menghilangkan Keloid Pasca Operasi Caesar dengan Bahan Alami

Karena terkadang keloid menganggu penampilan, maka banyak orang yang ingin menghilangkan keloid. Jika keloid bertumbuh besar, atau memiliki gejala lain sebaiknya konsultasikan ke dokter. Namun, jika masih tahap normal moms bisa coba metode dengan bahan alami untuk menghilangkan keloid ini.

  • Baking Soda

Baking soda memiliki fungsi untuk menghaluskan kulit dan menyamarkan bekas keloid. Untuk menggunakannya, buat pasta baking soda dengan mencampur baking soda, air dan sedikit hidrogen peroksida. Jika sudah tercampur, moms bisa langsung oleskan ke area kulit keloid. Metode ini bisa digunakan 3 kali sehari.

  • Cuka Apel

Oleskan cuka apel ke area yang terkena keloid, lakukan pijatan ringan, lalu diamkan selama beberapa menit agar nutrisi menyerap. Melakukan rutin 3-4 kali setiap hari selama 4-5 minggu efektif menghilangkan keloid dan mencegah ruam merah pada bekas keloid. Oh ya, jika moms merasa iritasi, tambahkan sedikit air pada cuka apple agar lebih encer.

  • Aspirin

Selain sebagai obat sakit kepala, aspirin juga memiliki manfaat lain untuk menyamarkan keloid. Moms bisa hancurkan 2-3 tablet aspirin dan campurkan dengan sedikit air hingga tercampur rata dan berbentuk kental. Lalu aplikasikan dan diamkan selama 15-20 menit hingga kering lalu bilas.

  • Sari Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon sangat efektif untuk mengatasi masalah keloid karena mampu mengurangi tampilan bekas lukanya. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskannya pada bekas luka lalu biarkan dan bilas dengan air hangat.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, dan anti bakteri lidah buaya yang membantu menyembuhkan, mengurangi rasa nyeri dan inflamasi. Caranya cukup mudah menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan, pertama bersihkan keloid dengan air bersih lalu oleskan lidah buaya selama sekitar 10 menit hingga lidah buaya kering lalu bilas. Moms bisa lakukan ini 3 kali sehari.

Cara Menghilangkan Keloid Pasca Operasi Caesar dengan Bahan Alami