Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api

Saat ini sedang viral kejadian pelecehan seksual di kereta api terhadap seorang mahasiswi. Kereta yang ditumpangi merupakan kereta antar kota Jakarta-Surabaya. Kejadian tersebut cepat tersebar luas di dunia maya karena korban segera membagikan cerita kejadian yang dialaminya pada laman twitter pribadinya.

Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api, Kenali Bentuk dan Tips Menghindarinya
source: https://static.standard.co.uk/s3fs-public/thumbnails/image/2018/02/20/13/harassmentcampaign2.png?w968

Kronologi Pelecehan Seksual di Kereta Api

Berdasarkan tweet yang dibagikan korban, kronologi kejadiannya dari mulai si pelaku mengajak ngobrol korban dengan bahasan basa-basi. Pelaku mengaku mengenal ayah korban, lalu terus melanjutkan obrolan. Tak lama, korban berpura-pura tidur. Setelah itu pelaku mulai menjalankan aksi negatifnya tersebut dengan memegang tangan korban dan melakukan hal-hal lain yang termasuk dalam pelecehan seksual. Setelah kejadian itu, korban langsung menghubungi pidak kereta api dan masalah tersebut diselesaikan secara damai.

Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api, Kenali Bentuk dan Tips Menghindarinya
source: https://images.perthnow.com.au/publication/729DE0ABA5B4ED747CCE411CF19588A0/1f190dde6cc95f486e8b7aa22c1d06b8.jpeg?imwidth=668&impolicy=pn_v3
baca juga

Pelecehan Seksual Adalah

Pelecehan seksual merupakan pendeketan-pendekatan yang berhubungan dengan aktivitas seksual. Pendekatan ini bisa merupakan pendekatan secara fisik maupun nonfisik. Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja, di tempat umum maupun di tempat pribadi. Aktivitas ini bisa hanya dengan perkataan saja atau sampai melakukan aktivitas yang berbau seksual yang dilakukan dengan paksaan oleh pelaku terhadap si korban.

Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api, Kenali Bentuk dan Tips Menghindarinya
source: http://d1lofqbqbj927c.cloudfront.net/alfaGT/2018/08/08035418/000222.png

Bentuk Pelecehan Seksual

Bentuk perilaku pelecehan seksual bermacam-macam, dari mulai yang ringan hingga yang beratt, dari mulai nonfisik sampai pelecehan secara fisik. Berbagai bentuk pelecehan seksual antara lain perilaku menggoda, pelanggaran seksual seperti menyentuh dan aktivitas fisik lainnya yang dilakukan secara paksa, pelecehan gender yang dilakukan secara verbal, pemaksaan dan penyuapan seksual. 

Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api, Kenali Bentuk dan Tips Menghindarinya
source: https://amp.businessinsider.com/images/59f1fbff3e9d251d008b57bb-750-563.jpg
baca juga

Tips Agar Terhindar Dari Pelecehan Seksual

Moms perlu tahu cara-cara untuk menghindari diri dari pelecehan seksual. Sebaiknya jika berada di tempat umum, Moms menggunakan pakaian yang sopan agar pihak-pihak yang berniat jahat tidak tertarik berbuat jahat terhadap Moms. Selain itu jika Moms mencurigai seseorang di sekitar, lebih baik segera menghindar walaupun Moms belum tahu kebenarannya. Moms juga harus tahu dengan tegas mengatakan 'tidak' jika ada orang yang mengajak melakukan hal-hal yang berbau seksual.

Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api, Kenali Bentuk dan Tips Menghindarinya
source: https://insights.dice.com/wp-content/uploads/2017/11/shutterstock_715688422-1024x683.jpg

Tips Berani Melawan Pelaku Pelecehan Seksual

Jika seseorang pernah mengalami pelecehan seksual, biasanya akan ada trauma tersendiri di dalam dirinya. Hal tersebut dapat mengganggu fisik maupun mental seseorang. Moms harus berani menghadapi pelaku pelecehan seksual diluar sana. Moms bisa melakukan cara-cara ini untuk menghadapi pelaku pelecehan seksual. Yang pertama beranikan diri, karena sudah pasti Moms berada di jalan yang benar, beranikan diri berteriak dan meminta pertolongan jika mengalami pelecehan seksual di tempat umum. Selain itu Moms juga bisa memarahi pelaku. Jika Moms tidak berani bertindak sendirian, mintalah bantuan orang sekitar dan petugas yang berwajib.

Viral Pelecehan Seksual di Kereta Api, Kenali Bentuk dan Tips Menghindarinya
source: https://www.carmelitepriory.org/wp-content/uploads/2017/03/Pointing-Fingers.jpg

Demikian beberapa informasi mengena pelecehan seksual. Semoga bermanfaat ya Moms!