Kayu Manis

Kayu manis merupakan tumbuhan rempah-rempah yang konon tertua dalam dunia perbumbuan kayu manis memiliki aroma yang sangat memikat, yaitu perpaduan antara manis dan pedas. Konon aroma ini banyak diminati sebagai pengharum makanan. 

Kayu Manis

Selain sebagai bahan bumbu masakan, Rempah yang memiliki nama ilmiah cinnamomum verum ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho moms. Yang tentunya mudah untuk dikonsumsi sebagai obat. Yuk ketahui manfaatnya moms! 

Manfaat Kayu Manis Untuk Ibu Hamil

Kayu manis terkenal dengan manfaat yang banyak bagi ibu hamil. Berikut beberapa manfaatnya yang perlu moms ketahui:

  • Mengatur kadar gula. Bagi ibu hamil yang memiliki masalah keseimbangan gula dalam darahnya,  mengkonsumsi kayu manis dapat menstabilkan kembali kondisi gula umyang terkandung dalam darah moms. Konon,  kulit kayu manis mengandung bahan yang baik untuk menstabilkan tekanan darah.  Namun sepertinya kayu manis ini lebih cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes gestasional. 
Manfaat Kayu Manis Untuk Ibu Hamil
  • Anti peradangan. Dalam varietas kayu manis tertentu terdapat anti inflasi yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh moms. Sebagaimana casia yang bermanfaat menangkal enzim oenyebab peradangan sehingga tubuh akan trhindar dari peradangan yang berbahaya bagi tubuh. 
  • Antioksidan tinggi. Kayu manis merupakan sumber antioksidan alami. Dalam hal ini,  antioksidan yang terkandung ini kaya akan polifenol untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh dan meningkatkan kesehatan ibu hamil.
baca juga

Kandungan Nutrisi Kayu Manis

Kayu manis yang memiliki berbagai manfaat ternyata memang dipenuhi nutrisi lho moms. Adapun kandungan nutrisi kayu manis yang jarang diketahui adalah niacin, kolin, piridoksin dan asam pantotenat, serta mengandung kalsium, magnesium, kalium, fosfor, sodium, besi, mangan dan seng.

Kandungan Nutrisi Kayu Manis

Selain itu, kayu manis juga kaya akan vitamin C dan E yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. 

Efek Samping kayu manis untuk ibu hamil

Selain memiliki manfaat yang baik, ternyata kayu manis juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi ibu hamil lho, moms. Nah berikut beberapa efek sampin  yang harus moms perhatikan

  • Alergi. Sebagian orang memiliki alergi pada kayu manis.  Nah jika moms sudah memiliki alegri tersebut kemudian mengkonsumsinya, tentu sangat berpengaruh bagi kesehatan moms. Jadi moms harus lebih hati-hati dalam memilih makanan ya! 
Efek Samping kayu manis untuk ibu hamil
  • Menurunkan tekanan darah secara drastis. Karena kandungannya dapat menstabilkan darah, maka jika kayu manis dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak sebaliknya.  Tekanan darah akan menurun secara drastis dan bahkan sangat berbahaya bagi tubuh.  
  • Menyebabkan keguguran. Konon,  manfaat lain dari kayu manis adalah mengencerkan darah.  Nah moms tentu apabila sedang hamil akan sangat dikhawatirkan keguguran akibat terkena manfaat dari kayu manis tersebut.  
  • Mempengaruhi otak janin. Glycyrrhizin yang terkandung dalam kayu manis dapat mengganggu plasenta, sehingga bisa menularkan hormon stres dari ibu ke bayi. Tingkat hormon tinggi yang dikenal dengan glucocorticoids dapat mempengaruhi perkembangan otak janin dan telah dikaitkan dengan gangguan perilaku pada anak-anak.
baca juga

Aturan Konsumsi Kayu Manis Untuk Ibu Hamil

Kayu manis baik jika dikonsumsi oleh kaluarga. Baik tidak hamil maupun ibu hamil. Tentunya hal ini dikhususkan jika dikosumsi sesuai aturannya ya moms. Adapun aturan yang berlaku untuk moms yang sedang hamil sebaiknya dikonsumsi hanya dicampur dengan resep makanan saja,  agar jumlahnya tidak terlalu banyak. 

Aturan Konsumsi Kayu Manis Untuk Ibu Hamil