Nasi Goreng

Nasi goreng, salah satu makanan yang dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Orang Indonesia tidak bisa lepas dari makanan pokok yaitu nasi. Tanpa nasi akan terasa ada yang kurang dan tentu tidak mengenyangkan perut.

Tahu enggak, sih Moms bahwa nasi goreng itu sebenarnya muncul dari kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Maka dari itu, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang. Wah, hebat kan?

Nasi goreng juga tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. 

Di berbagai daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan, bukan di masing-masing daerah saja, setiap gerobak nasi gooreng di jalanan pun memiliki cita rasa yang berbeda satu sama lain. Seiring berkembangnya zaman, banyak variasi masakan ini, bahkan di negara lain juga memiliki masakan seperti nasi goreng namun terdapat bahan khas negara tersebut.

Nasi Goreng

Kimchi

Kimchi ini adalah makanan tradisional yang berasal dari negeri Gingseng Korea, ini merupakan salah satu jenis asinan sayur hasil dari fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.  Membuatnya, sayuran digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi biasanya akan selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Kimchi
baca juga

Nasi Goreng Kimchi

Buat Moms yang suka nonton drama Korea pasti tahu makanan ini, nasi goreng kimchi atau kimchi bokkeumbap yang suka ada di scene makan-makan drama Korea. Yup, seperti namanya, makanan ini adalah nasi yang digoreng dengan kimchi. 

Makanan ini juga mudah dibuat, sama seperti membuat nasi goreng pada umumnya, yang membedakan hanya kimchi yang memberikan rasa sedikit pedas dan asam karena hasil fermentasi. Mau tahu gimana rasanya makan kimchi bokkeumbap, Moms? Yuk, buat sendiri di rumah, ini dia resepnya!

Nasi Goreng Kimchi

Resep Nasi Goreng Kimchi

Jika Moms bosan dengan menu nasi goreng Indonesia, tak ada salahnya mencoba menu makanan yang satu ini yuk! Bahan-bahannya juga enggak ribet, hampir sama dengan membuat nasi goreng biasa, yaitu:

  1. 2 cup nasi
  2. 1/2 cup kimchi
  3. 1/2 cup daging (opsional)
  4. 2 batang daun bawang
  5. 1 sdm kecap manis
  6. 1/4 bawang bombai
  7. 1 butir telur
  8. Bawang putih
  9. Minyak sayur
  10. Minyak wijen
  11. Garam
  12. Merica
Resep Nasi Goreng Kimchi
baca juga

Cara Membuat Nasi Goreng Kimchi

Setelah bahan-bahan di atas siap, yuk mulai membuatnya. Begini caranya:

  1. Langkah pertama potong kimchi dengan ukuran yang lebih kecil.
  2. Selanjutnya potong dadu,daun bawang, bawang bombay dan cincang juga bawang putih. 
  3. Lalu bumbui daging dengan menggunakan bawang putih cincang, kecap manis dengan merica bubuk. 
  4. Tumis daging dengan minyak sayur di wajan.
  5. Setelah matang, kemudian tambahkan kimchi dan bawang bombay dan masak selama 5 menit.
  6. Kemudian tambahkan bawang putih cincang dan daun bawang lalu masak sebentar dan matikan api.
  7. Kemudian masukan nasi, campurkan dan aduk hingga merata.
  8. Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan minyak wijen , lalu nyalakan api.
  9. Kemudian merica dan garam sesuai selera.
  10. Di wajan terpisah ,masak telur dan letakan nasi goreng di priing.
  11. Sajikan selagi hangat bersama dengan telur.
Cara Membuat Nasi Goreng Kimchi