Jantung pisang
Jantung pisang atau bunga pisang merupakan bagian dari buah pisang yang berwarna merah tua kecoklatan persis.

Jantung pisang juga mengandung Vitamin B6 yang membantu dalam pembuatan sel darah, dan pelepasan serotonin dan hormon yang menyebabkan kebahagiaan. Jantung pisang juga mengandung Vitamin C, yaitu vitamin yang bertindak sebagai anti-oksidan alami, yang akan melindungi tubuh ibu hamil dari radikal bebas penyebab penyakit. Tak hanya itu, jantung pisang juga mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia saat hamil.

Amankah Jika Ibu Hamil Makan Jantung Pisang? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://m.tokopedia.com/syukmagroups/kuntum-bunga-jantung-pisang-batu-siam-kepok-musa-untuk-kesehatan

Jantung pisang biasa diolah menjadi lauk pendamping nasi ataupun dibuat keripik dan dendeng. Namun, dibalik manfaatnya yang banyak. Sebagian orang masih mempertanyakan bolehkah jantung pisang dikonsumsi saat hamil? Berikut ini penjelasannya Moms! 

Bolehkan ibu hamil mengonsumsi jantung pisang?
Banyak mitos yang beredar di masyarakat, bahwa jantung pisang tidak boleh dikonsumsi saat hamil seperti bayi berukuran kecil dan dapat menyebabkan keguguran. Namun hal tersebut belum terbukti kebenarannya secara medis. Mitos tersebut berdasarkan karena jantung pisang yang memiliki banyak getah akan membuat kesehatan janin terganggu bahkan bisa menyebabkan ibu hamil muda keguguran. Namun jika Moms mencucinya hingga benar-benar bersih hal tersebut tidak akan terjadi.

Amankah Jika Ibu Hamil Makan Jantung Pisang? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/id.theasianparent.com/jantung-pisang-untuk-ibu-hamil/amp

Kandungan zat gizi dan vitamin yang ada pada jantung pisang nyatanya boleh dikonsumsi ibu hamil. Apa saja ya manfaat jantung pisang ini khususnya bagi ibu hamil?

baca juga

Manfaat jantung pisang bagi ibu hamil
Jantung pisang akan memberikan banyak manfaat khusunya bagi ibu hamil asalkan dijaga kebersihannya saat mengolahnya, manfaat tersebut diantaranya adalah:

Mengurangi morning sickness

Amankah Jika Ibu Hamil Makan Jantung Pisang? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/amp.livescience.com/60831-hyperemesis-gravidarum.html

Mual dipagi hari (morning sickness) umum terjadi pada ibu hamil di trimester awal. Dengan mengonsumsi olahan jantung pisang ini akan menenangkan Moms dan membuat rasa mual berkurang.

Meredakan kram saat hamil
Mengonsumsi buah pisan dan juga jantung pisang saat hamil dapat meredakan kram saat hamil. Hal ini karena pisang dan jantung pisang mengandung sejumlah besar kalium yang akan membantu  pelepasan hormon progesteron dalam tubuh. Progesteron yang dilepaskan, akan mengurangi aliran darah yang deras di sekitar rahim.

Amankah Jika Ibu Hamil Makan Jantung Pisang? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://www.alodokter.com/berbagai-penyebab-kram-perut-saat-hamil-muda-sebagian-harus-diwaspadai

Melancarkan pencernaan
Jika Moms memiliki masalah sembelit atau konstipasi selama masa kehamilan, mengonsumsi jantung pisang bisa jadi pilihan Moms karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Selain itu, jantung pisang juga mengandung sejumlah besar basa yang dapat mengurangi gas dan tingkat keasaman yang ditemukan dalam sistem pencernaan.

baca juga

Mencegah anemia
Masalah anemia (kurang darah) dapat terjadi pada ibu hamil karena kekurangan asupan zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian, ibu hamil bisa mengonsumsi jantung pisang yang kaya zat besi.

Amankah Jika Ibu Hamil Makan Jantung Pisang? Simak Penjelasannya Yuk, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.popmama.com/amp/pregnancy/third-trimester/novyagrina/macam-anemia-pada-ibu-hamil-dan-dampak-buruknya

Nah, bagi Moms yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan tak perlu takut lagi untuk mengonsumsi jantung pisang ini ya. Namun harus selalu dijaga kebersihannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms!