Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Buah nanas sarat akan kandungan vitamin C dan mangan, bahkan hanya dengan mengonsumsi satu buah nanas sudah dapat menyediakan lebih dari jumlah harian vitamin C dan mangan yang direkomendasikan untuk tubuh. Selain itu di dalam nanas juga terkandung bromelain, yaitu sejenis enzim yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Tak hanya itu, konsumsi nanas bersama dengan makanan lain, yaitu nanas dijadikan sebagai pelengkap atau pencuci mulut, maka kandungan bromelain-nya akan membantu mencerna protein serta mengurangi kembung.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas untuk Bayi

Setelah mengetahui kayanya kandungan buah nanas, moms pasti langsung ingin mencoba memberikan nanas untuk si kecil. Nah, berikut manfaat yang bisa diperoleh oleh bayi dari mengonsumsi nanas. Kandungan vitamin C dalam nanas akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Sedangkan kandungan mangan dalam nanas akan mendukung pertumbuhan, mempertahankan metabolisme, dan memiliki sifat antioksidan serta anti inflamasi yang dapat menyehatkan sistem pencernaan, serta menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker berbahaya. 

Manfaat Buah Nanas untuk Bayi
baca juga

Waktu yang Tepat Bayi Konsumsi Buah Nanas

Sebelum mulai memperkenalkan nanas kepada si kecil, sebaiknya moms memperhatikan cara penyajian, porsi, dan usia bayi. Sebetulnya, saat memasuki usia MPASI yaitu 6 bulan, moms bisa saja langsung memberikan buah nanas kepada bayi dalam bentuk jus atau puree, namun jika moms masih ragu sebaiknya pemberian buah nanas dimulai sejak anak mendekati usia 1 tahun.

Hal itu dikarenakan orang tua harus lebih hati-hati dalam memperkenalkan makanan asam seperti nanas atau jeruk kepada bayi. Asam sitrat dalam nanas terkadang dapat mengiritasi perut bayi, terutama jika mereka mengalami refluks. Porsi pemberian nanas pun harus diperhatikan, tidak boleh terlalu banyak, cukup beberapa potong dahulu, kemudian tunggu reaksi anak selama sekitar 2-3 hari untuk memulai lagi memperkenalkan makanan baru. 

Waktu yang Tepat Bayi Konsumsi Buah Nanas

Ciri Alergi Buah Nanas

Meskipun tergolong sebagai buah yang aman dikonsumsi bayi, tapi beberapa bayi kemungkinan memiliki risiko alergi dalam konsumsi nanas. Bayi yang memiliki riwayat keluarga seperti eksim, asma, dan alergi makanan patut waspada jika akan memberikan buah ini. Jika terjadi beberapa gejala alergi seperti ruam, gas atau kembung, diare, dan muntah sebaiknya hentikan pemberian nanas pada bayi. Dan jika bayi mengalami reaksi alergi berlebih seperti kesulitan bernapas dan gatal-gatal parah sebaiknya segera konsultasikan ke dokter dan sebisa mungkin setelah ini hindarkan bayi dari konsumsi buah nanas.

Ciri Alergi Buah Nanas
baca juga

Cara Memilih Buah Nanas Untuk Bayi

Sebenarnya tidak ada kiat khusus dalam memilih buah nanas yang akan diberikan kepada bayi, karena besar atau kecilnya ukuran buah tidak berpengaruh kepada kandungan gizi di dalamnya. Namun, moms harus mengetahui ciri-ciri nanas terbaik agar selain bayi mendapat buah nanas yang bergizi, bayi juga mengonsumsi buah nanas dengan rasa yang enak.

Buah nanas terbaik untuk bayi adalah nanas yang telah matang sempurna dengan rasa yang manis, hindari membeli nanas muda karena dapat menyebabkan diare atau iritasi tenggorokan anak. Selain itu, sebaiknya pilih nanas dengan isian padat atau tidak kopong, dan nanas organik untuk mencegah bayi terpapar pestisida.

Cara Memilih Buah Nanas Untuk Bayi