Gorengan adalah salah satu jajanan murah dan nikmat yang mudah ditemukan di mana saja. Sensasi rasa gurih dan kriuk yang diberikan gorengan membuat jajanan satu ini begitu digemari. Cara mendapatkannya yang mudah, harganya yang murah, serta rasanya yang lumayan membuatnya dijadikan sebagai salah satu cemilan andalan. Bahkan tak jarang ibu hamil pun masih senang mengonsumsinya. Kondisi ibu hamil yang mudah lapar memang membuatnya ingin selalu mengonsumsi sesuatu, tapi apakah baik mengonsumsi gorengan di kala hamil?

Makan Gorengan Saat Hamil, Ketahui Risiko Penyakit dan Tips Sehatnya Yuk, Moms

Amankah Gorengan untuk Ibu Hamil?

Sebenarnya gorengan bukanlah makanan 'terlarang" bagi ibu hamil, karena pada dasarnya baik ibu hamil maupun janin yang dikandung memerlukan lemak sebagai salah satu sumber nutrisi dan cadangan makanan. Yang berbahaya adalah ketika ibu hamil memakan terlalu banyak dan memilih gorengan yang tidak tepat untuk dikonsumsi. Ibu hamil, terutama yang sibuk beraktivitas hingga tidak sempat menyiapkan makanan di rumah, kebanyakan memilih untuk membeli makanan praktis di luar seperti gorengan.

Hal tersebut menjadi pilihan yang tidak sehat, karena rata-rata gorengan yang dijual di luar digoreng menggunakan minyak yang sudah melalui proses oksidasi dan hidrogenesi. Tak hanya makanannya, penggorengan yang digunakan juga dapat memicu senyawa peradangan hingga dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya.

Amankah Gorengan untuk Ibu Hamil?
baca juga

Risiko Ibu Hamil Konsumsi Gorengan

Konsumsi gorengan secara berlebihan pada ibu hamil, tak hanya berisiko untuk dirinya tapi juga bayi yang dikandungnya. Memakan makanan yang memiliki nutrisi dan gizi tidak seimbang dapat meningkatkan risiko preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama masa kehamilan, preeklamsia pada ibu hamil akan meningkatkan risiko bayi terlahir prematur. Selain itu menghindari gorengan selama kehamilan juga dapat menghindarkan bayi dari obesitas atau kegemukan.

Beberapa risiko lain yang juga bisa dirasakan ibu hamil setelah makan gorengan di antaranya yaitu batuk dan gatal tenggorokan, risiko mual dan muntah, serta memperparah gangguan-gangguan yang timbul akibat kehamilan seperti morning sickness.

Risiko Ibu Hamil Konsumsi Gorengan

Penyakit Diabetes Gestasional Akibat Gorengan

Time.com merilis sebuah studi yang diterbitkan di Diabetologia. Dalam studi yang melibatkan sekitar 15.000 ibu hamil tersebut dinyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi gorengan 7 kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 88% lebih besar untuk terkena diabetes gestasional. Gorengan yang dimaksud mengacu pada aneka gorengan yang dijual di luar rumah. Diabetes gestasional sendiri adalah diabetes yang hanya terjadi selama masa kehamilan, biasanya diabetes ini terdeteksi pada trisemester kedua kehamilan. 

Penyakit Diabetes Gestasional Akibat Gorengan
baca juga

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat tak melulu makanan dengan rasa hambar dan membosankan loh, moms. Makanan-makanan ini ternyata sangat dianjurkan bagi ibu hamil, rasanya juga enak apalagi jika moms mengolahnya dengan berbagai kreasi. Makanan pertama adalah telur yang kaya akan omega 3, asam folat, zat besi, dan kolin.

Lalu ada Ubi yang mengandung betakaroten serta beragam vitamin, kacang-kacangan seperti almond dan mede, daging tanpa lemak, aneka jus buah, yogurt, oatmeal, ikan salmon, sayuran hijau, serta aneka produk olahan susu.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil