Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Menyusui

Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Menyusui

Mengonsumsi jantung pisang dapat memberi efek yang bagus untuk kesehatan. Hal ini karena jantung pisang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan bisa jadi obat macam-macam penyakit. Jantung pisang dipercaya bisa mengobati anemia, memperkecil risiko pendarahan, mempercepat penyembuhan luka, dan melancarkan produksi ASI.

Kandungan magnesium di dalam jantung pisang akan membantu mengatasi gangguan kesehatan selama hamil. Selain itu kandungan etanolnya akan mempercepat proses penyembuhan luka pasca persalinan Moms. Hebatnya lagi, jantung pisang akan memenuhi kebutuhan kolostrum untuk mempersiapkan asupan ASI bagi buah hati tercinta.

Kegunaan jantung pisang untuk meningkatkan ASI memang sudah diakui oleh dokter. Namun, menurut para dokter, seorang ibu dapat memakan apa saja yang disukainya karena jika Moms senang, akan mempengaruhi produksi ASI. Tapi, harus makan makanan yang sehat ya Moms.

Kandungan Nutrisi Jantung Pisang

Kandungan Nutrisi Jantung Pisang

Jantung pisang mengandung 31 kkal energi, 71 gr karbohidrat, 1,2 gr protein 0,3 gr lemak, beberapa mineral seperti fosfor (50 mg), kalsium (30 mg), dan zat besi juga vitamin seperti beta karoten, vitamin B1, vitamin C, dan kandungan serat. Makanya, tak heran jika jantung pisang pun bisa sebagai santapan diet.

baca juga

Cara Mengonsumsi Jantung Pisang untuk Ibu Menyusui

Cara Mengonsumsi Jantung Pisang untuk Ibu Menyusui

Untuk memasak jantung pisang ini cukup gampang. Berikut resep memasak jantung pisang untuk ibu menyusui:

Bahan-Bahan:

1 buah jantung pisang
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Sejumput lada bubuk
1/2 sdt garam
Secukupnya kaldu bubuk
Minyak goreng
Air untuk mencuci

Cara memasak:
1 Buang kelopak jantung pisang sampai bagian putihnya belah dan buang batang bagian dalamnya.
2. Siapkan wadah yang berisi air, iris jantung pisang kira-kira 2cm atau sesuai selera. Dan langsung masukkan ke dalam wadah agar tidak kehitaman karena getahnya.
3. Haluskan bawang kemudian tumis dengan sedikit minyak sampai bau harum.
4. Masukkan irisan jantung pisang tambahkan garam kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk dan masak hingga matang. Eits jangan lupa tes rasa ya Moms
5. Tumis jantung pisang siap dihidangkan.