Manfaat Behel Gigi

  • Meningkatkan kesehatan gigi, karena gigi yang tidak beraturan dapat menyebabkan bakteri hingga penyakit gusi dan behel bisa membantu mengatasi masalah tersebut.
  • Memakai behel gigi dapat memperbaiki posisi gigi yang renggang sehingga kondisi gigi bisa normal kembali.
  • Memakai behel dapat membantu mencegah penumpukan plak pada gigi dan gusi
  • Ketika gigi sudah rapi karena behel maka proses pembersihan gigi juga jadi lebih mudah.
  • Tak kalah penting, dengan memakai behel dapat mencegah timbulnya kelainan temporomandibular disorder dimana adanya stress pada sendi rahang sehingga menyebabkan kondisi gigi tak selaras.
Galau Mau Pasang Behel Gigi? Ini Dia Jenis, Harga, Hingga Cara Perawatannya
source: https://leberortho.com

Jenis-jenis Behel Gigi

Berdasar dari fungsinya, behel gigi dibedakan menjadi dua yaitu behel gigi permanen dan behel gigi lepas pasang. Untuk behel gigi permanen dipasang sekali dan baru bisa dilepas ketika gigi sudah benar-benar rapi. Behel permanen ini juga terdiri dari beberapa jenis yaitu behel gigi metal, behel gigi lingual, behel gigi estetis, dan behel gigi damon.

Sementara untuk behel gigi jenis lepas pasang ada dua macam yaitu invasalign yang berupa cetakan gigi bentuk transparan, dan retainer yang biasanya digunakan setelah behel permanen dilepas.

Harga behel gigi jenis permanen dan lepas pasang ini juga sangat variatif. Berdasarkan data dari Kompas tarif pemasangan behel gigi di sejumlah klinik ortodontis di Pulau Jawa berkisar mulai Rp3 juta hingga Rp15 juta.

Galau Mau Pasang Behel Gigi? Ini Dia Jenis, Harga, Hingga Cara Perawatannya
source: https://texasorthodonticspecialists.com

Perawatan Behel Gigi

Perawatan behel gigi setidaknya harus melalui beberapa prosedur berikut ini, yang pertama adalah konsultasi dengan dokter spesialis ortodonti, kemudian rontgen untuk mengetahui bagaimana kondisi gigi dan rahang pasien, setelah itu baru bisa dilakukan proses pemasangan behel gigi. Di proses ini biasanya akan dipertimbangkan apakah pemasangan bracket pada gigi atas bawah sekaligus atau salah satunya yang didahulukan.

baca juga
Galau Mau Pasang Behel Gigi? Ini Dia Jenis, Harga, Hingga Cara Perawatannya
source: https://amazonaws.com

Nah, berapa lama pemakaian behel gigi itu sendiri? Umumnya pemakaian behel ini berkisar minimal 2 tahun, namun bisa jadi lebih lama tergantung dari kondisi gigi, tingkat kooperatif pasien dan juga hambatan lain.

Selama kurun waktu pemakaian, para pengguna behel ini harus menjaga kebersihan gigi dan mulut secara ekstra. Gigi yang dibehel cenderung mudah kotor karena sisa makanan rawan terselip jadi harus rajin sikat gigi. Kemudian hindari makan makanan yang keras seperti gigit tulang ayam, atau gigit apel utuh. Jangan pula suka menarik benda menggunakan gigi.