Dehidrasi Saat Puasa

Tubuh terdiri dari 70% cairan, oleh karenanya kebutuhan akan cairan sangatlah penting untuk mengoptimalkan kinerja tubuh tetap baik. Sedangkan pada saat puasa, pastinya asupan cairan pada tubuh akan berkurang dan tubuh beresiko mengalami dehidrasi. Kondisi tubuh yang dehidrasi juga akan menimbulkan beberapa gejala seperti pusing, sakit kepala, kelelahan atau bahkan pingsan. Oleh karena itu, kita harus memiliki trik dan tips khusus agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi dan tak mengalami dehidrasi.

Dehidrasi Saat Puasa

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Pada dasarnya kebutuhan cairan tubuh orang dewasa adalah 8 gelas per-hari atau setara 2 liter air. Nah jika sedang melaksanakan puasa, moms bisa akali dengan rumus 2-4-2 gelas air dan konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan dengan tips berikut.
 
Minum 2 Gelas Air Putih Saat Berbuka Puasa
Dua gelas air putih cukup dilakukan saat berbuka puasa untuk melengkapi cairan tubuh yang hilang selama berpuasa seharian. Satu gelas tepat untuk berbuka, dan satu gelas lagi setelah menyantap makanan ringan. Dapat juga diselingi dengan makanan atau minuman manis untuk menambah energi, namun tetap mengandalkan air putih sebagai pengganti cairan tubuh

Minum 4 Gelas Air Putih di Malam Hari

Usahakan 4 gelas di malam hari untuk memenuhi kebutuhan air di malam hari. Hal ini juga mempermudah proses makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tapi jika moms merasa kembung minum banyak setelah buka puasa, hal ini dapat dilakukan sebelum tidur. Begitupun jika terbangun di tengah malam, atau jika ingin melaksanakan shalat tahajud, sempatkan untuk minum terlebih dahulu demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh moms.

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa
baca juga

Minum 2 Gelas Air Putih Saat Sahur

Jaga waktu jeda makan dengan minum dan berikan ruang kosong pada tubuh untuk menerima air moms. Bisa juga dilakukan dengan 1 gelas sebelum santap sahur dan 1 gelas lagi saat mendekati imsak. Bisa lebih banyak, terutama jika moms banyak makan yang mengandung garam/asin, serta makanan yang mengandung protein. Kandungan garam atau protein yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dengan cepat. Jadi hindari makan-makanan tersebut atau seimbangkan dengan minum air yang cukup.

Konsumsi Buah dan Sayur

Selain air putih, kebutuhan cairan juga dapat dipenuhi oleh sayuran dan buah-buahan. Dimana sebenarnya 10-20% cairan tubuh dapat berasal dari makanan. Untuk itu, moms dan keluarga bisa pilih makanan yang mengenyangkan sekaligus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Minum 2 Gelas Air Putih Saat Sahur