Biar Awet dan Tahan Lama, Ini 4 Tips Menyimpan Bawang Merah

Tips Menyimpan Bawang Merah dalam Keadaan Utuh

Menyimpan bawang merah dalam keadaan utuh seringkali menjadi pilihan, sebab dengan cara ini bawang merah dapat bertahan hingga satu bulan. Wah, bagaimana caranya?
 
Pertama, simpan bawang merah pada tempat terbuka dengan suhu sedang/kering. Moms bisa mengunakan keranjang, wadah yang berpori/berlubang/berventilasi, maupun membiarkannya berada di atas nampan. Namun jangan terkena sinar matahari secara langusug. Jemur sesekali saja antara 20-30 menit di ruang terbuka yang teduh untuk mengurangi kelembaban.
 
Kedua, Pisahkan dengan bumbu dapur atau bahan makanan lainnya. Bawang merah memiliki kandungan uap yang dapat membusuk jika dibiarkan bersama bahan lain.

Biar Awet dan Tahan Lama, Ini 4 Tips Menyimpan Bawang Merah

Tips Menyimpan Bawang Merah Kupas
 
Bawang merah yang masih ada kulitnya jangan di simpan dalam kulkas Moms. Suhu rendah dapat membuat bawang lebih cepat bertunas. Jadi, bawang merah yang boleh masuk kulkas adalah yang sudah dikupas. Namun, menyimpan bawang merah kupas di lemari pendingin juga masih menjadi perbincangan ibu-ibu rumah tangga. Ada yang membolehkan, ada yang tidak.
 
Alasannya begini Moms, bawang yang telah terkupas mudah tercemar bakteri, jadi tidak bisa dibiarkan dalam ruangan terbuka maupun di ruangan bersuhu dingin. Jika teroksidasi dapat menyebabkan dampak negatif seperti gangguan kesehatan saat dikonsumsi.
 
Jadi, berikut ini beberapa cara menyimpan bawang merah dalam kulkas yang aman:

  • Kupas bawang merah secukupnya, untuk kebutuhan seminggu saja. Selebihnya simpan dalam kondisi utuh saja.
  • Sebelum menyimpan bawang merah kupas dalam kulkas, buang juga bagian pangkal tempat tumbuh tunasnya. Moms juga bisa memotongnya lalu disimpan pada freezer.
  • Pisahkan bawang sesuai jenisnya, misalkan yang bagus dan masih segar di sendirikan. Sebab setiap suing bawang punya usia berbeda.
  • Simpan pada wadah kedap udara.
  • Pastikan kondisi kulkas bersih, tidak ada bahan makanan lain yang busuk.
baca juga
Biar Awet dan Tahan Lama, Ini 4 Tips Menyimpan Bawang Merah

Tips Menyimpan Bawang Merah yang Sudah Dihaluskan
 
Menyimpan bawang merah yang dihaluskan atau dicincang sebaiknya dihindari. Namun jika terpaksa karena efisiensi waktu, Moms dapat menyimpan dalam kulkas dengan beberapa cara yang harus diperhatikan. Letakkan pada wadah tertutup dan simpan pada freezer atau bagian bawah kulkas.
 
Mengatur penyimpanan bawang merah dapat menghemat pengeluaran dapur ya, Moms. Apalagi harga bawang merah yang cenderung meningkat menjelang Ramadhan seperti ini. Maka, menyimpan bawang merah dengan cara yang tepat dapat menjadi solusi Moms yang ingin berhemat.