Pertumbuhan karang gigi terjadi secara sedikit demi sedikit dan jika dibiarkan maka peradangan serta iritasi akan mudah terjadi. Untuk menghilangkan karang gigi ternyata ada cara alaminya yang bisa Moms coba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Yuk Moms, simak cara membersihkan karang gigi secara alami!

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Baking soda selain dapat membersihkan karang gigi, juga memiliki zat antibakteri yang bisa memutihkan gigi, Moms.Cara menghilangkan karang gigi menggunalan baking soda tergolong mudah.

Caranya cukup campurkan 1 sendok makan baking soda dan sedikit garam ke pasta gigi yang akan Moms gunakan untuk menggosok gigi. Kemudian sikat gigi Moms menggunakan campuran tersebut, setelah selesai kumur dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan cara ini dalam waktu seminggu sekali. Moms disarankan tidak melakukan cara ini secara berlebihan karena bisa merusak email gigi (lapisan luar gigi yang bisa dilihat).

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda
baca juga

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam

Cara yang paling murah dan sederhana adalah dengan menggunakan air garam yang dalam kondisi hangat. Air garam untuk membersihkan karang gigi bisa Moms jadikan sebagai obat kumur. Caranya masukkan garam sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas air hangat yang telah Moms siapkan. Setelah diaduk rata, kumur dengan air ini hingga seluruh area dalam mulut terbasuh. Lakukan cara ini selama 1 menit  setiap 3 kali sehari.

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Garam

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Kulit Jeruk

Setelah memakan jeruk, Moms bisa menyimpan kulitnya untuk membantu Moms membersihkan karang gigi. Karena kulit jeruk ampuh untuk menghilangkan karang pada gigi disebabkan oleh kandungan asam yang dimiliki jeruk beserta kulitnya tersebut.

Caranya dengan mengoleskan bagian dalam kulit jeruk ke gigi, terutama bagian gigi yang terdapat karang. Lalu gosok selama 2-3 menit kemudian kumur dan bersihkan mulut. Moms juga bisa melumat kulit jeruk sampai menjadi pasta untuk kemudian dioleskan ke gigi yang berkarang.

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Kulit Jeruk
baca juga

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Daun Sirih

Tanaman daun sirih berkhasiat untuk membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.Caranya siapkan selembar daun sirih, lalu haluskan tapi jangan terlalu halus, lalu kunyah selama beberapa saat dan kumur hingga bersih.

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Daun Sirih