Luka bakar ini terjadi karena sel-sel kulit mengalami kerusakan akibat paparan bena panas, listrik, atau bahan kimia tertentu. Perawatan luka bakar juga berbeda-beda tergantung skala luka bakar itu sendiri. Namun jika moms mengalami luka minor seperti contoh di atas bisa melakukan perawatan luka bakar di rumah dengan beberapa cara berikut ini.

Perawatan Luka Bakar dengan 4 Cara yang Bisa Moms Lakukan di Rumah
source: http://millenniumfamilypractice.com

Dinginkan luka bakar dengan air mengalir

Setelah moms mengalami luka bakar di rumah sesegera mungkin alirkan air ke atas luka bakar. Tindakan ini untuk mencegah kerusakan pada kulit semakin meluas. Letakkan bagian tubuh yang terkena luka bakar di bawah air mengalir selama 10 hingga 15 menit sampai rasa rasa sakitnya mereda.

Sebaiknya hindari menggunakan air es ya, moms karena bisa memperparah kerusakan pada luka bakar itu sendiri. Ini karena perubahan suhu panas ekstrem yang bercampur dengan suhu dingin ekstrem secara tiba-tiba dapat menghambat proses penyembuhan.

Perawatan Luka Bakar dengan 4 Cara yang Bisa Moms Lakukan di Rumah
source: https://image.freepik.com

Konsumsi paracetamol

Luka bakar pasti mengakibatkan rasa nyeri sangat terlebih pada bagian tubuh yang mengalami luka. JIka kondisi nyeri makin menjadi moms bisa mencoba minum parasetamol sebagai obat penghilang rasa nyeri. Obat ini bisa dibeli tanpa resep kok jadi mudah ditemukan di apotik atau toko obat. Jangan lupa saat minum untuk mengecek aturan pemakaian ya moms!

baca juga
Perawatan Luka Bakar dengan 4 Cara yang Bisa Moms Lakukan di Rumah
source: https://www.woodlandhillspharmacy.com

Salep atau krim antibiotik

Langkah selanjutnya adalah moms bisa mengoleskan salep pada luka bakar. Beberapa rekomendasi salep yang bisa moms pilih seperti neocenta, mebo ointment, atau bioplacenton. Salep-salep ini mengandung antibiotik atau kimia yang dapat mengatasi masalah kulit akibat infeksi bakteri.

Tak hanya mampu menghambat pertumbuhan bakteri, obat-obat ini juga diklaim mampu membentuk jaringan baru pada kulit. Moms cukup mengoleskan salep atau krim ini secara tipis pada luka bakar sebanyak 4 sampai 6 kali sehari.

Perawatan Luka Bakar dengan 4 Cara yang Bisa Moms Lakukan di Rumah
source: https://www.geraicni.com

Obat oles penghilang nyeri

Nutrimoist adalah obat oles penghilang nyeri akibat luka bakar yang bisa moms gunakan. Ia mengandung polygonum multiflora yang dapat meredakan nyeri sekaligus sebagai bahan antiseptik untuk membersihkan luka.

Nutrimoist juga mengandung polygonum cuspidatum yang mampu menyerap panas akibat luka bakar, sebagai anti-bakteri, dan anti-jamur. Produk obat oles ini juga bisa membantu melembabkan sekaligus menumbuhkan jaringan kulit. Kandungan angelica sinensis pada Nutrimoist dapat melancarkan aliran dasar dan mengatasi tahap awal infeksi.