Sebenarnya kacang tanah untuk ibu hamil memiliki manfaat yang baik, karena kacang tanah mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan otot jabang bayi, mineral, serat dan masih banyak lagi. Manfaat Kacang tanah juga mampu mengatasi masalah depresi dan anemia pada ibu hamil jika dikonsumsi. Ibu hamil yang rentan mengalami diabetes pun dianjurkan untuk mengonsumsi kacang tanah yang rendah gula. Ibu hamil pun sering menjadikan kacang tanah sebagai bahan cemilan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahaya kacang tanah juga berdampak bagi ibu hamil.

Umumnya bahaya kacang tanah dapat menyebabkan kanker hati akibat jamur beracun jenis aflatoksin yang biasanya bersarang pada kacang tanah, selain itu kacang tanah bisa menyebabkan radang rematik, demam typhoid karena bakteri salmonella yang biasa ditemukan pada kacang tanah, hingga masalah alergi.

Risiko Alergi Pada Ibu Hamil

Kacang tanah juga berisiko menyebabkan alergi pada ibu hamil, terlebih jika moms memiliki riwayat alergi pada makanan tertentu atau bahkan terhadap kacang tanah. Anafilaksis merupakan reaksi serius yang terjadi karena alergi terhadap kacang tanah. Alergi ini sangat berbahaya moms, dan perlu diwaspadai.

Sebaiknya jika moms yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan terutama kacang tanah, saat hamil moms perlu menghindari mengonsumsi kacang tanah. Karena obat untuk menghilangkan alergi sepenuhnya pun masih sulit ditemukan, moms. Jadi lebih baik menghindari kemungkinan buruk ya moms.

Jika moms sudah terlanjut mengalami alergi akibat kacang tanah, moms hanya perlu melakukan hal yang bisa mengurangi risikonya yakni salah satunya dengan mengenali gejala alergi kacang tanah pada ibu hamil.

Risiko Alergi Pada Ibu Hamil
baca juga

Gejala Alergi Kacang Tanah Pada Ibu Hamil

Gejala yang terjadi pada setiap manusia akibat alergi kacang berbeda-beda. Namun, moms bisa kenali gejala awalnya seperti tekanan darah yang menurun drastis, detak jantung yang meningkat lebih cepat atau tidak normal, sesak napas, lemah nadi, mual dan muntah yang berlebihan, serta pusing hingga pingsan.

Selain itu, bibir, lidah dan sebagian tubuh lainnya pun membengkak. Moms perlu hati-hati menyantap makanan selama masa kehamilan, karena kacang tanah pun bisa berada di makanan lain seperti coklat, kue, atau permen.

Gejala Alergi Kacang Tanah Pada Ibu Hamil