Beli Tahu Yang Masih Segar Dan Tidak Berlendir

Moms bisa mendapatkan tahu di pasar atau supermarket terdekat, terkadang tukang sayur keliling pun juga menjual tahu. Hal pertama yang harus Moms ketahui adalah Moms harus memilih tahu yang masih segar tentunya. Tahu yang memiliki ciri-ciri antara lain tekstur yang padat, tidak berlendir, tidak berbau asam. Tahu dengan ciri-ciri tersebut diketahui tidak mengandung formalin. Sedangkan tahu yang diketahui mengandung formalin akan mudah hancur jika Moms tekan, teksturnya lebih kenyal, dan aromanya sangat menyengat.

Beli Tahu Yang Masih Segar Dan Tidak Berlendir

Buang Air Tahu

Setelah Moms memilih tahu yang tepat, sesampai dirumah Moms bisa keluarkan tahu dari kemasan dan buang semua air tahu yang ada di kemas sampai bersih. Mengapa? Karena tentunya air di dalam kemasan itu sudah lama terpendam dan bersinggungan dengan plastik. Jika air tahu tidak cepat-cepat dibuang maka akan menyebabkan tahu yang Moms beli akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Buang Air Tahu
baca juga

Cuci Tahu Dengan Air Mengalir

Setelah air tahu Moms buang, Moms wajib sekali mencuci tahu sampai bersih tentunya dengan air yang mengalir langsung dari kran, Moms. Karena air yang mengalir akan membuang seluruh lendir-lendir sisa yang ada di dalam tahu kebawah dan langsung hilang. Bedanya dengan merendamnya saja, lendir-lendir sisa tahu tidak akan hilang langsung tetapi akan menyatu dengan air. Kesimpulannya dengan mencuci tahu dengan air mengalir akan membuat tahu benar-benar bersih.

Cuci Tahu Dengan Air Mengalir

Ganti Wadah Tahu

Setelah tahu benar-benar bersih, sebelum dimasak pindahkan wadah tahu. Jangan diletakkan di wadah yang sama, karena akan menyebabkan tahu yang sudah benar-benar bersih akan kembali kotor lagi. Dalam kemasan tersebut tentunya terdapat sisa-sisa air tahu yang ada di kemasan dan lendir-lendir sisa yang melekat di plastik kemasan. Pindahkan ke mangkok atau wadah tertentu yang sudah Moms siapkan dan dicuci bersih. 

Ganti Wadah Tahu
baca juga

Rendam Tahu Dengan Air Bersih

Bagi Moms yang ingin menyimpan waktu dalam waktu yang lama, Moms bisa meletakkan dalam wadah tertutup dan di rendam dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, disimpan di dalam kulkas ya, Moms. Agar mencegah tahu menjadi asam, Moms wajib mengganti air yang merendam tahu itu sehari sekali dan kembali menyimpan di dalam kulkas. Namun, Moms yang ingin memasak langsung, hanya cukup merendam saat itu saja tanpa harus mengganti air bersih lagi.

Rendam Tahu Dengan Air Bersih

Rebus Tahu Dengan Air Garam

Hal yang perlu Moms ketahui untuk mendapatkan rasa tahu yang maksimal, yaitu dengan merebus tahu dengan air garam sebelum dimasak sesuai dengan menu yang Moms inginkan. Air panas dan garam yang digunakan untuk merebus tahu akan memarinasi tahu yang berfungsi untuk memberikan rasa gurih lebih dari tahu.

Rebus Tahu Dengan Air Garam