1) Carilah Beberapa Rekomendasi Preschool yang Bagus


Jangan hanya memilih satu preschool saja, melainkan carilah lebih dari satu rekomendasi preschool yang kira-kira menurutmu bagus untuk si balita. Cobalah kunjungi preschool itu untuk melihat program yang ditawarkan dan kondisi para siswanya di kelas. 
 

source: http://premieracademy.ca



 

baca juga

2) Minta Rekomendasi Ibu Lainnya


Saat mencari-cari preschool, cobalah tanyakan kepada kerabat atau sahabat mengenai rekomendasi preschool yang bagus. Kamu bisa menanyakannya kepada ibu di dalam komunitas yang sama ataupun teman kerja. Hal ini akan memudahkanmu tugasmu dalam menemukan preschool yang cocok untuk si kecil. 
 

source: http://assets.rebelcircus.com


 

3) Cari Tahu tentang Kurikulum, Program dan Fasilitas

Saat datang langsung ke preschool, cobalah tanyakan kurikulum, program dan fasilitas yang ada di sana. Masing-masing preschool pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Mungkin ada yang programnya bagus, namun fasilitasnya kurang memadai, maupun sebaliknya. Pilihlah yang menurutmu cocok untuk si buah hati. 
 

source: http://www.dgparks.org


 

baca juga

3) Tempat Belajar dan Bermain Indoor dan Outdoor


Cek pula ruangan yang digunakan saat belajar dan bermain. Apakah nyaman buat si kecil atau tidak membuatnya nyaman karena pengap dan panas. Selain itu, ada baiknya memiliki preschool yang memiliki fasilitas outdoor yang memadai, sehingga si kecil bisa beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Suasana halaman yang rindang bisa menjadi nilai plus, karena tidak menggangu kesehatan si kecil terutama sistem pernapasan. 
 

source: https://www.earlylearningin.org


 

4) Perhatikan Rasio Guru dan Siswa


Panduan memilih preschool untuk anak balita sekolah yang enggak boleh kamu abaikan adalah rasio antara guru dan siswanya. Hendaknya setiap kelas tidak diiisi lebih dari 20 anak karena mugkin proses belajar dan bermain tidak berjalan maksimal. Selain itu, rasio guru dan siswa tidak boleh lebih dari 1:10. 

 

source: http://tpepost.com


 

5) Pertimbangkan Jarak Rumah dan Preschool


Saat memilih sekolah untuk anak, usahakan pilih yang tidak begitu jauh dari rumah. Apabila terlalu jauh dan memakan waktu lama menuju ke sana, maka akan akan lelah dan kehilangan semangat belajar dan bermain. 
 

source: https://www.thesun.co.uk


 

6) Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan


Biaya masing-masing preschool juga pasti berbeda tergantung program dan fasilitas yang mereka tawarkan. Pilihlah yang kira-kira sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jangan terlalu memaksa memasukkan anak ke preschool yang sangat mahal sehingga membuat keluarga jadi kesulitan keuangan. Ingat, anak bisa belajar dan bermain di mana saja, bahkan kamu bisa mengajarinya sendiri di rumah. 
 

source: http://www.quizzle.com