Telur asin
Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan (30 hari).

Ragam Kreasi Telur Asin yang Biasa Jadi Buah Tangan, Makin Unik Loh Moms!
source: http://m.kaltim.prokal.co/read/news/343721-singapura-borong-telur-asin-indonesia.html

Di Indonesia, terutama di pulau Jawa telur asin biasanya diproduksi dari telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yang memiliki ciri khas cangkang telur yang berwarna biru.

Panganan ini bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya nasi jamblang, dan nasi lengko, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal.

Telur asin Brebes
Salah satu daerah penghasil telur asin yang paling terkenal ada di daerah Brebes, Jawa Tengah. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, "kering" (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Ragam Kreasi Telur Asin yang Biasa Jadi Buah Tangan, Makin Unik Loh Moms!
source: https://travelingyuk.com/telur-asin-brebes/37424/

Telur asin menjadi oleh-oleh wajib yang bisa Moms dapatkan ketika berkunjung ke Brebes. Banyak industri telur asin yang ada di sana, namun yang paling terkenal adalah Telur Asin Yes dan Telur Asin Cahaya. Kedua tempat oleh-oleh ini berada di jalan Diponegoro, Brebes. Telur asin yang diproduksi di sini sangat populer dan diminati oleh banyak kalangan. Selain kuning telurnya berwarna jingga terang hingga kemerahan, rasanya juga enak dengan asin yang tidak menyengat.

baca juga

Telur asin bakar
Telur dikenal sebagai sumber protein tinggi dan kaya vitamin. Sehingga bagus dikonsumsi segala usia. Rasanya juga gurih, tertutama telur bebek. Tak heran jika makanan berbahan telur banyak disukai. Terbaru, telur bebek diolah menjadi makanan khas. Unik dan alami. Yakni telur asin bakar. 

Ragam Kreasi Telur Asin yang Biasa Jadi Buah Tangan, Makin Unik Loh Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/eggalone.wordpress.com/2014/07/02/telur-asin-bakar-surabaya-087855004286/amp/

Jika biasanya telur asin direbus, kini diolah dengan dibakar. Rasanya bisa dibayangkan. Gurihnya lebih menggigit dan proses pembakaran menjadikan telur kebih awet atau tahan lama. Telur asin juga kaya manfaat, seperti membantu pertumbuhan sel baru, menjaga kesehatan tulang, mencegah gejala anemia, asupan energi yang tinggi hingga menjaga kesehatan mata. 

Telur asin bakar berwarna hitam kecoklatan dan mengkilat. Rasanya sangat gurih. Proses pembuatan telur asin bakar hanya membutuhkan waktu 24 jam. Waktu lama ini untuk mendapatkan kelezatan rasa maksimal. Sedangkan proses pengasinan membutuhkan waktu 9-10 hari. Sedangkan proses oven membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Telur asin aneka rasa
Permintaan konsumen terhadap telur asin semakin meningkat. Seiring dengan inovasi yang semakin maju, saat ini sudah banyak industri yang menambahkan rasa pada telur asin. Rasa telur asin yang beraneka ragam ternyata mampu menarik para pecinta kuliner. Rasa yang ada dalam telur asin biasanya adalah rasa bawang, udang, pedas dan lain – lain. 

Ragam Kreasi Telur Asin yang Biasa Jadi Buah Tangan, Makin Unik Loh Moms!
source: http://m.bangsaonline.com/berita/26863/telur-asin-rasa-udang-kebonsari-sidoarjo-tembus-pasar-mancanegara

Pembuatan telur asin aneka rasa ini pun cukup mudah, sama seperti proses pembuatan telur asim pada umumnya. Hanya saja ketika proses pemberian garam, bumbu aneka rasa tersebut turut serta dimasukkan ke dalam telur. Ketika telur sudah matang, didapatkanlah telur asin aneka rasa sesuai keinginan yang gurih, beraroma spesial dan tentunya lezat.

baca juga

Kreasi telur asin
Moms mau makan tapi bosan lihat telur asin yang bentuknya gitu-gitu aja? Bosan telur asin cuma buat lauk nasi melulu? Telur asin memang banyak dijumpai di mana-mana, tapi bisa dipastikan kalau bentuknya mainstream. Rasanya juga pasti rasa telur yang asin.

Tenang Moms, telur asin ternyata juga bisa dikreasikan jadi makanan yang menggugah selera. Biar nggak terlalu mainstream, Moms bisa intip kreasi telur asin berikut ini:

Pepes telur asin
Biasanya pepes berbahan dasar ikan, ayam, jamur ataupun tahu. Namun kali ini pepes telur asin bisa jadi salah satu santapan yang menggugah selera. Gurihnya telur asin dipadukan dengan pedasnya cabai rawit, daun kemangi dan aneka bumbu pepes serta dibalut daun pisang pastinya membuat cita rasa yang maknyus!

Ragam Kreasi Telur Asin yang Biasa Jadi Buah Tangan, Makin Unik Loh Moms!

Udang goreng telur asin
Sajian udang dibalut tepung lalu digoreng dengan tekhnik deep fry ini memang selalu jadi primadona kuliner. Nah, udang yang sudah matang tersebut akan semakin nikmat jika ditumis dengan bumbu kuning telur asin, cabai dan bawang. Hmm.. Mantap betul!

Tahu telur asin
Tahu memang sahabat banyak bahan lainnya, termasuk telur asin. Sajian yang satu ini cocok buat Moms yang suka tahu dan suka telur asin. Cara membuatnya hampir sama dengan udang goreng tadi. Tahu dibalur tepung kemudian digoreng hingga matang lalu dicampur dengan tumisan cabai, bawang dan kuning telur asin yang sudah dihancurkan. Terakhir Moms bisa menaburkan bawang goreng di atasnya. Wah membayangkannya saja sudah terasa nikmat ya, Moms!

Nikmat sekali ya Moms sajian telur asin ini. Selamat mencoba ya!