Merebus dan Mengupas Telur

Kelihatannya pekerjaan yang mudah untuk merebus dan mengupas telur, tapi ada beberapa tekniknya, lho Moms. Kalau tidak dengan teknik dan cara yang benar, telur akan tidak matang secara merata, bahkan bisa merusak sumber protein pada telur.

Telur juga jangan direbus terlalu lama karena bisa membuat kuning telur akan berubah menjadi kehijauan. Jangan juga direbus dengan suhu tinggi, karena bisa menyebabkan putih telur akan sangat kenyal. Jangan juga sebaliknya, direbus dengan suhu terlalu rendah karena akan membuat kuning telur berair.

Selain teknik merebusnya, kita juga harus tahu teknik agar cangkang telur mudah dikupas dan tidak koyak. Jika telur koyak setelah dikupas pastinya tampilannya jadi tak menarik lagi dan seringkali masih ada sisa kulit yang menempel di putih telurnya yang tidak sedap dipandang.

Merebus dan Mengupas Telur

Tips Mengupas Telur Agar Tidak Rusak

Mengupas telur rebus dengan sempurna ternyata tidak mudah juga, ya Moms. Tak banyak lho orang bisa mengupas kulit dengan benar. Kalau salah mengupas, telur akan rusak. Bahkan, bisa saja ada bagian kecil kulit terus yang masih menempel. Hal ini tentu saja telur jadi tidak enak dipandang karena telur tidak utuh dan masih menempel di cangkangnya.

Agar hal tersebut tidak terjadi, ikuti tips ini yuk agar telur rebus Moms jadi tetap mulus, dan utuh sempurna.

Tips Mengupas Telur Agar Tidak Rusak
baca juga

Masukkan Telur Sebelum Air Mendidih

Tahu enggak, sih Moms bahwa menurut para ilmuwan di museum ilmu pengetahuan Exploratorium, San Francisco mengatakan memasukkan telur sejak awal akan meminimalkan tekstur putih telur menjadi seperti karet. 

Cara ini juga akan membuat kulit telur rebus lebih mudah dikupas. Jika dimasukkan setelah air mendidih, kulit telur akan menempel kuat pada putih telur sehingga pasti akan membuatnya hancur. Selain itu, memasukkan telur saat air sudah mendidih, karena memperbesar potensi pecah saat direbus.

Masukkan Telur Sebelum Air Mendidih

Tambahkan Soda Kue

Selain untuk membuat kue, soda kue ini juga dapat memudahkan kita untuk mengupas cangkang telur. Caranya masukkan 1/2 sendok teh per liter pada rebusan telur. Mengapa soda kue? Menurut ilmuwan Harold McGee, salah satu alasan telur rebus sulit untuk dikupas adalah karena tingkat pH mereka. Putih telur secara alami memiliki pH yang rendah, hal inilah yang menyebabkan putih telur berpegangan erat pada cangkang. 

Akan tetapi dengan menambahkan soda kue yaitu 1/2 sendok teh per liter dapat menimbulkan alkalinitas dan dengan demikian kulit telur akan lebih mudah dikupas.​ Rebus telur​ dengan tambahan sedikit soda kue​ dengan takaran sesuai jumlah telur.​

Tambahkan Soda Kue
baca juga

Tambahkan Cuka

Selain soda kue, cuka juga bisa jadi opsi lain. Cuka memiliki kadar asam yang dapat membantu melepaskan bagian kulit telur jadi tidak menempel dengan putih telur. Untuk pemakaiannya, gunakan empat sendok makan untuk ukuran 20 telur. Penggunaan cukanya pun jangan terlalu banyak, nanti bau cukanya akan mendominasi. 

Selain mempermudah dalam mengupas telur, cuka punya fungsi lainnya yakni bisa mempercepat proses pematangan dari telur.

Tambahkan Cuka

Tambahkan Sari Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat mempermudah mengupas telur, lho. Caranya, potong jeruk nipis lalu peras dan oles-oles merata ke kulit telur. Biarkan kering, lalu masukkan ke dalam air yang belum mendidih. Masukkan telur ke dalam air yang masih baru dipanaskan. 

Mengapa? Karena kandungan asam pada jeruk nipis dapat mempermudah kulit telur dikupas saat sudah matang. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu menjaga kulit telur tetap padat saat kontak dengan suhu panas sehingga tak mudah pecah. 

Tambahkan Sari Jeruk Nipis

Rendam Telur Rebus dalam Air Es

Nah, cara terakhir yaitu rendam telur yang sudah matang ke dalam air es. Ketika telur rebus telah matang kita mungkin akan mengupasnya secara langsung karena ingin segera menyantapnya atau mengolahnya kembali. Namun, cangkang telur akan menyerap panas dari air rebusan membuatnya dingin dalam waktu yang cukup lama.

Untuk memudahkan proses pengupasan kulit telur rebus maka disarankan untuk merendam telur rebus di dalam air es terlebih dahulu. Dengan begitu, telur akan dingin lebih cepat. Selain mendinginkan lebih cepat, cara ini juga dapat membuat telur rebus lebih mudah dikupas.

Rendam Telur Rebus dalam Air Es