Kandungan Nutrisi Brokoli

Sayur brokoli hijau memang terkenal dengan tingginya kalium  yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ya Moms. Kandungan seratnya yang banyak juga mampu memperlancar pencernaan jadi tidak ada alasan untuk menolak brokoli.

Di sisi lain, kandungan nutrisi brokoli sangat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi nutrisi di dalamnya seperti folat, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol serat, sodium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, selenium, zinc, zat besi serta vitamin B 1, A, C, E dan K. Brokoli juga memiliki senyawa anti-kanker yaitu glukorafanin dan isotiosianat yang mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Namun perlu digaris bawahi bahwa kandungan brokoli mudah hilang saat proses pemasakan. Jadi Moms harus mampu mengolah brokoli dengan tepat agar gizinya yang banyak tadi tetap terjaga.

Tips Membersihkan Brokoli Hijau dari Ulat, Ikuti Juga Cara Memasak yang Benar, Moms

Cara Membersihkan Brokoli dari Ulat

Seperti sayur pada umumnya, brokoli menjadi favorit bagi ulat. Apalagi bentuknya yang berongga membuat Moms harus ekstra teliti membersihkan agar ulat tidak ikut termakan. Nah, cara membersihkan brokoli dari ulat yang paling mudah adalah dengan garam, Moms.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan air dan garam secukupnya. Kemudian, larutkan garam pada air dan rendam brokoli ke dalam air garam tersebut. Pastikan seluruh bagian terendam. Moms juga dapat merendam brokoli dalam keadaan potongan-potongan kecil , jadi ulat benar-benar hilang.

Kenapa menggunakan garam? Sebab garam memiliki derajat kepekatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cairan pada tubuh ulat. Oleh sebab itu, bila ulat diletakan pada air garam maka metabolisme tubuh ulat terganggu dan membuatnya pingsan.

Rendamlah brokoli selama 5-10 menit. Dan setelah semua ulat dipastikan keluar dari dalam brokoli, Moms bisa langsung mencucinya dengan menggunakan air tawar sebelum dimasak agar kandungan garamnya hilang.

baca juga
Tips Membersihkan Brokoli Hijau dari Ulat, Ikuti Juga Cara Memasak yang Benar, Moms

Cara Memasak Brokoli Yang Benar

Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus, ditumis, maupun dikukus. Tak jarang pula dimakan mentah oleh orang-orang vegetarian. Cara memasak brokoli yang benar yaitu dengan dikukus, Moms. Tujuannya adalah agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan.

50 % asam folat yang terkandung di dalam brokoli akan hilang jika cara merebusnya salah. Lalu berapa lama mengukus brokoli hijau yang benar? Jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya Moms saat melakukannya tidak terlalu lama, cukup sekitar 5 menit saja.

Sedangkan untuk mengukus, sebaiknya selama 10 menit saja ya Mom. Proses mengukus ini mampu mempertahankan 70 persen kandungan vitamin dan juga dapat membuat brokoli tetap berwarna hijau.
 
Membersihkan dan mengolah sayur memang sangat penting, tapi bukan berarti ribet ya Moms. Yang perlu diperhatikan adalah cara dan lamanya pengolahan, agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal. Selamat mencoba Moms.