Ciri-Ciri Brokoli Kuning
​​​​​​

Ciri-ciri umum dari tanaman hias brokoli kuning ialah memiliki daun berwarna kuning dan sedikit kehijauan. Selain itu, brokoli daun kuning memiliki banyak cabang pada batang dan daun yang rimbun pada setiap batang, tidak berbunga, diameter tajuk bisa mencapai 45 cm ketika brokoli kuning sudah berukuran besar. Bersifat mini dan tak udah untuk menjadi tinggi.

Meski begitu, tanaman hias ini kuat jika ditanam atau ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Namun, mampu juga hidup dalam tempat yang sangat teduh bahkan dengan intensitas cahaya matahri yang sangat sedikit. Tanaman hias ini pun tidak terlalu memerlukan banyak air, Moms. Jadi menyiramnya pun tidak usah terlalu sering. Cocok banget ya jika ditaruh di pekarangan yang waktu menyiramnya hanya mengandalkan air hujan saja.

Kenalan Sama Brokoli Kuning, Ketahui Juga Budidaya dan Cara Merawatnya Moms

Harga Brokoli Kuning
​​​​​​

Jika Moms tertarik dengan brokoli kuning untuk menghiasi pekarangan, bibit brokoli hias daun kuning ini biasanya dihargai sekitar Rp15.000 dan untuk brokoli kuning yang sudah jadi dan sudah berukuran lebih besar, Moms bisa beli dengan harga Rp50.000.

Namun, kalau Moms ingin membeli dalam jumlah banyak lebih disarankan membeli bibitnya saja langsung, karena selain murah dengan bibit Moms juga akan memperolah lebih banyak tanaman hias brokoli kuning. Tanaman hias jenis ini pasti akan dengan mudahnya Moms temui di penjual tanaman-tanaman hias.

Kenalan Sama Brokoli Kuning, Ketahui Juga Budidaya dan Cara Merawatnya Moms
baca juga

Budidaya Brokoli Kuning
​​​​​​

Meski tak berbunga, tanaman hias ini tentu indah dan segar dipandang mata saat berada dalam jumlah banyak karena warnanya yang cerah, Moms. Untuk membudidayakan tanaman brokoli daun kuning ini dapat dilakukan dengan cara menyetek pucuk tanaman induk dari brokoli kuning yang nantinya digunakan sebagai bibit untuk memperbanyak tanaman, Moms.

Kenalan Sama Brokoli Kuning, Ketahui Juga Budidaya dan Cara Merawatnya Moms

Cara Stek Pucuk Brokoli Kuning
​​​​​​

Sebelum melakukan stek, pertama-tama Moms harus menyediakan media tanam yang dapat berupa plastik hitam khusus tanaman atau pot besar yang kemudian diisi dengan campuran tanah yang gembur dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Siram media tanam tersebut dengan air agar tetap lembap.

Jika media tanam sudah siap, kemudian guntinglah pucuk tanaman hias brokoli kuning yang akan berperan sebagai bibit. Lalu, celupkan pangkal dari pucuk yang sudah digunting tadi ke dalam cairan ZPT (zat perangsang tumbuh) yang bisa Moms dapatkan di took-toko pertanian. Setelah dicelupkan selama kurang lebih 10 detik, segera tanam pucuk pada media tanam yang sudah dipersiapkan.

Rawatlah bibit yang sudah ditanam dengan penyiraman rutin. Setelah satu bulan bibit akan berakar dan pada usia dua bulan bibit siap dipindahkan ke tanah. Saat pemindahan perhatikan akar yang tidak boleh sampai rusak ya, Moms. Beri jarak tanam antara tanaman satu dengan lainnya sekitar 15-25cm agar ketika mulai tumbuh besar daunnya pun tidak saling berhimpitan. Setelahnya, tanaman hias brokoli kuning tinggal dirawat saja, Moms.

Kenalan Sama Brokoli Kuning, Ketahui Juga Budidaya dan Cara Merawatnya Moms
baca juga

Perawatan Brokoli Kuning
​​​​​​

Seperti yang sudah kita bahas bahwa tanaman hias brokoli kuning ini termasuk jenis tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus alias mudah dirawat dan kuat cukup kuat dalam berbagai kondisi seperti cuaca panas maupun teduh.

Moms cukup menyiramnya dengan air satu kali saja dalam sehari, bisa tentukan waktunya pagi atau sore. Lalu, ketika musim hujan tiba atau hujan sedang turun, sebaiknya penyiraman dikurangi saja untuk menghindari agar daun tidak membusuk jika diberi terlalu banyak air.

Kenalan Sama Brokoli Kuning, Ketahui Juga Budidaya dan Cara Merawatnya Moms