Bedak tabur menjadi salah satu makeup yang dibutuhkan agar memaksimalkan riasan wajah. Meski saat ini sudah tersedia bedak padat, bedak tabur tetap menjadi pilihan yang sering digunakan karena mudah digunakan ketika moms selesai mengenakan segala jenis alat makeup seperti cream siang, foundation, concealer, eye shadow, pencil alis, dan lain-lain.

Meski mudah digunakan terkadang kesalahan penggunaan bedak tabur bisa terjadi. Agar tampilan riasan wajah moms tetap bagus, moms harus simak 5 kesalahan memakai bedak tabur di bawah ini.

Pakai Alat Makeup yang Salah

Bedak tabur sendiri cocok digunakan untuk moms yang memiliki kulit berminyak. Bedak tabur ini nantinya yang akan membantu menyerap minyak pada wajah, sehingga wajah tampak terlihat lebih matte. Tapi ingat ya moms, untuk mengaplikasikan bedak ke wajah, jangan salah pilih tools atau alat makeup. Beauty blender memberikan hasil makeup yang full coverage, tidak ada salahnya menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan bedak. Tapi jika moms memiliki jenis kulit yang oily, moms bisa gunakan powder brush atau spons bedak loose powder yang akan memberikan hasil makeup matte.

Pakai Alat Makeup yang Salah
baca juga

Tak Membersihkan Powder Brush

Kesalahan besar jika ingin memakai powder brush dalam keadaan kotor karena moms lupa membersihkannya. Kuas atau brush mudah dihinggapi oleh bakteri jika moms tidak sering membersihkannya. Perawatan kuas itu penting, moms. Sebaiknya setiap selesai mengenakan brush, bersihkan brush dengan cara menyemprot brush dengan air besih kemudian keringkan dengan handuk bersih.

Cara lainnya yakni bisa bersihkan brush dengan cara mencucinya dengan shampo, lalu masukkan brush ke dalam air hingga sisa-sisa bedak tabur beserta bakteri yang menempel pada brush pun luntur. Namun, hal yang terakhir tidak harus moms lakukan setiap hari, cukup sebulan atau dua minggu sekali, moms.

Tak Membersihkan Powder Brush

Salah Pilih Shade

Selain memakai bedak tabur yang cocok dengan kulit berminyak, pemilihan shade bedak yang sesusai dengan kulit wajah juga diperlukan, moms. Jangan memilih bedak yang shadenya terlalu terang di kulit anda maupun terlalu gelap. Namun, kulit berminyak biasanya cenderung lebih cocok menggunakan bedak yang lebih terang dari kulit asli, karena bedak tabur yang digunakan pada kulit berminyak akan membuat kulit wajah terlihat agak kecoklatan.

Salah Pilih Shade
baca juga

Terlalu Banyak Memakai Bedak

Kesalahan yang umumnya sering terjadi yakni terlalu banyak memakai bedak. Mungkin moms akan berpikir kalau memakai bedak banyak akan membuat wajah terlihat lebih cerah, padahal memakai bedak 1 lapis atau layer saja sudah cukup. Terlalu banyak memakai bedak atau sering touch up justru akan membuat wajah terlihat cakey.

Terlalu Banyak Memakai Bedak

Tidak Memakai Pelembap

Pelembap yang digunakan sebelum moms menggunakan bedak tabur akan membuat bedak yang diaplikasikan lebih lembut, halus, dan bersih. Kebayang dong moms jika menggunakan bedak tanpa menggunakan pelembap terlebih dahulu? Hal itu bisa membuat wajah agak kusam.

Tidak Memakai Pelembap