1. Tunjukkan Cintamu

Ingatlah untuk memuji anak kamu. Beri dia cinta dan dukungan tanpa syarat. Sisihkan waktu setiap hari untuk bermain, membacakan dongeng atau duduklah bersama anak. Buat rutinitas terstruktur, seperti makanan terjadwal dan waktu tidur yang teratur. Hal ini akan membantu anak kamu mengetahui apa yang kamu harapkan.
 

source: https://loveburgundy.wordpress.com



 

baca juga

2. Pengasuh yang Tepat

Jika kamu membutuhkan perawatan anak secara teratur, carilah pengasuh yang berkualitas yang bisa memberikan stimulasi di lingkungan yang aman. Jangan mengandalkan anak yang lebih tua sebagai satu-satunya pengasuh bayi kamu. Hati-hati meminta teman atau pasangan baru untuk menjaga anak kamu.
 

source: https://www.ibudanbalita.com



 

3. Tetapkan Batas

Jelaskan peraturan kepada anak kamu, seperti berbicara dengan hormat dan disiplin. Minta bantuan pengasuh lain dalam kehidupan anak kamu untuk memberikan disiplin yang konsisten.

Pertimbangkan untuk mengevaluasi kembali batas-batas tertentu, seperti waktu nonton TV atau main gadget saat dia menunjukkan kemampuan untuk menerima lebih banyak tanggung jawab. Jangan merasa bersalah. Jangan menyalahkan diri sendiri atau memanjakan anak kamu.
 

source: http://health.liputan6.com



 

baca juga

4. Jaga Dirimu

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian kamu. Makan makanan yang sehat dan banyak tidur. Atur waktu untuk melakukan aktivitas yang kamu nikmati sendiri atau dengan teman. Beri diri kamu "batas waktu" dengan mengatur penitipan anak setidaknya beberapa jam dalam seminggu. Meminta bantuan orang lain.

Buat jadwal carpool dengan orang tua lainnya. Bergabunglah dengan kelompok pendukung untuk single parent atau carilah layanan sosial. Hubungi orang yang dicintai, teman dan tetangga untuk meminta bantuan.
 

source: http://www.mujerhoy.com



 

5. Tetap Positif

Tidak apa-apa jujur ​​dengan anak kamu jika ia mengalami masa-masa sulit, tapi ingatkan dia bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik. Beri anak kamu tingkat tanggung jawab yang sesuai dengan usia daripada mengharapkan dia berperilaku seperti "orang dewasa kecil". Jaga selera humor saat menghadapi tantangan sehari-hari.
 

source: http://dennysantoso.com