Banyak hal yang bisa jadi penyebab mata merah pada bayi. Salah satunya disebabkan karena mengantuk atau flu biasa dan penularan penyakit mata merah bisa melalui virus yang ada dimana-mana dan menyebar di udara. Berikut penjelasan mengenai penyebab terjadinya mata merah, cara mencegah, dan mengatasinya yang perlu Moms ketahui. Yuk Moms kita simak!

Penyebab Mata Merah Pada Bayi

Flu
Mata merah pada bayi sering disebabkan flu akibat infeksi virus, terlebih jika Moms atau anggota keluarga serumah sedang mengalami kondisi serupa. Flu yang disertai demam, tidak buang air kecil sesering biasanya, sulitnya bernafas, batuk, dan tangisan yang tidak seperti biasanya bisa juga menjadi penyebab mata merah dan harus segera diperiksakan dokter.

Iritasi
Sensitifitas mata bayi bisa mengakibatkan mata merah dari hal-hal seperti kemasukan shampoo, terkena asap rokok, klorin dari kolam renang, atau pembersih kulit lainnya yang masuk ke mata.

Pembuluh Darah Pecah
Mata merah pada bayi juga dapat disebabkan subconjunctival hemorrhages, yaitu pecahnya pembuluh darah persis di bawah konjungtiva pada mata bayi. Darah yang keluar tidak dapat diserap seluruhnya seketika oleh konjungtiva, sehingga mengakibatan mata merah. Kondisi ini biasanya akan reda dalam 1–2 pekan.

Konjungtivitis
Hal ini disebabkan akibat peradangan pada konjungtiva yaitu lapisan yang membatasi kelopak mata dan melapisi bagian putih dari mata. Kondisi ini dapat terjadi pada satu mata, yang kemudian menjalar ke mata lain.

Cara Mencegah Mata Merah Pada Bayi

Pencegahan awal yang bisa Moms lakukan pada mata merah yaitu dengan mencuci bersih dan pisahkan pakaian, handuk, seprei, selimut, dan perlengkapan bayi lain dari anggota keluarga lain yang tinggal serumah dan juga jangan biarkan handuk mandi bayi digunakan oleh anggota keluarga lain. Selesai digunakan, handuk sebaiknya dicuci dengan air panas untuk menghindari infeksi menyebar. Selain itu Moms juga harus setiap hari membersihkan area mata bayi agar menjaganya dari debu disekitar.

Cara Mengatasi Mata Merah Pada Bayi

Mengatasi mata merah pada bayi, Moms bisa mengakalinya dengan cara meletakkan beberapa tetes obat mata di sudut mata bayi saat mata tertutup. Ketika mata bayi terbuka, obat akan masuk dan mengalir ke dalam mata. Apabila mata bayi masih merah setelah menggunakan obat tetes, Moms dianjurkan melakukan konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan salep antibiotik. Salep ini dapat dioleskan pada lapisan tipis antara kelopak mata, karena salep akan meleleh dan dengan sendirinya masuk ke mata.
 
Selain itu pijatan ringan dari sudut / di bawah mata bayi ke arah hidung lalu kemudian kembali ke sudut ujung mata dengan tekanan ringan juga dapat membantu. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali sampai dirasa air mata tak lagi terlalu banyak. Sebelum melakukan pijatan tersebut Moms harus mencuci tangan sampai bersih guna menghindari terkenanya debu dan iritasi pada kulit bayi.

Apa Penyebab Mata Merah Pada Bayi? Ketahui Juga Pencegahan dan Cara Mengatasinya, Moms