Apa Sih Soda Kue?

Soda kue adalah bahan pengembang kue yang terdiri dari zat kimia bernama natrium bikarbonat/sodium bikarbonat. Semua jenis roti seperti bolu, kue kering maupun roti tawar pasti menggunakan baking soda supaya adonannya naik atau mengembang sempurna.

Karena kandungan kimia yang dimiliki soda kue, maka bisa digunakan membersihkan barang-barang rumah tangga. Tak hanya itu lho Moms, soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian kotor anak. Hm....

Soda Kue Bisa Memutihkan Gigi? Ketahui Dulu Manfaat dan Bahayanya, Moms

Soda Kue Untuk Gigi

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa baking soda efektif menghilangkan karang gigi. Soda kue untuk gigi bermanfaat untuk memutihkan area yang kotor. Saat makan, sisa  makanan dan minuman yang tidak dibersihkan secara menyeluruh akan menempel pada permukaan gigi. Akhirnya dapat menimbulkan plak bakteri yang lekat di gigi dan menyebabkan kekuningan. Dengan penggunaan soda kue maka senyum lebih putih akan terpancar.

Manfaat soda kue untuk gigi bekerja dengan cara mengikis lapisan tersebut dari gigi. Tapi perlu dicatat bahwa baking soda tidak memiliki kemampuan membasmi bakteri  dan bau mulut, jadi tetap perlu penggunaan pasta gigi ya, Moms.

Soda Kue Bisa Memutihkan Gigi? Ketahui Dulu Manfaat dan Bahayanya, Moms

Bahaya Soda Kue Untuk Gigi

Soda kue memang memberi manfaat bagi gigi. Namum perlu diperhatikan bahwa bahaya soda kue untuk gigi juga ada. Proses pengikisan karang gigi dengan baking soda dapat menipiskan lapisan luar gigi serta meningkatkan risiko gigi berlubang. Oleh karena itu sebaiknya ketahui cara benar menggunakan baking soda untuk menghilangkan karang gigi ya Moms.

Karena soda kue bersifat abrasive sehingga lapisan email gigi akan terkikis sedikit demi sedikit sampai akhirnya rusak. Apalagi jika soda kue yang digunakan terlalu banyak, yang malah justru akan menyebabkan kerusakan gigi dan sakit gigi
 
Cara Penggunaan Soda Kue yang Tepat

Caranya sangat sederhana, hanya perlu mencelupkan sikat gigi yang biasa Anda gunakan ke dalam baking soda bubuk, pastikan bulu sikat gigi masih cukup baik dan kuat. Selanjutnya, sikatkan pada gigi seperti  biasanya. Sikat keseluruhan bagian gigi mulai dari depan, belakang, samping kiri dan kanan kurang lebih selama 2 menit. Setelah itu bersihkan mulut dengan berkumur hingga seluruh baking soda tersapu bersih dan mulut terasa segar.

Moms, sebenarnya pada  komposisi pasta gigi biasanya tertulis natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat ya Moms. Itu artinya pasta gigi tertuliskan soda kue dengan sebutan lainnya.

Soda kue memang memberikan manfaat yang hebat pada gigi ya Moms, tapi memang perlu dipergunakan dengan tepat agar tidak merusak. Jadi gunakan dengan benar ya Moms, enggak perlu berlebihan. Selamat mencoba.