Mual selama kehamilan dapat bermanfaat untuk mengurangi paparan janin terhadap zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga asupan makanan harus Moms perhatikan dengan baik seperti dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu. Moms juga membutuhkan makanan kaya akan karbohidrat, makanan berserat, dan makanan yang mudah diserap tubuh. Yuk Moms, mari kita simak makanan sehat ibu hamil untuk mengurangi mual!

Buah-Buahan

Serat dalam sayuran dan buah dapat membantu mengurangi produksi asam lambung, sehingga dapat menurunkan rasa mual. Selain itu, serat juga membantu melancarkan pencernaan Moms. Beberapa buah yang bisa Moms konsumsi untuk kurangi rasa mual yaitu:   

  • Apel, kandungan serat dan air pada apel efektif mengurangi rasa mual dan juga rendah akan kalori
  • Pisang, kandungan seratnya yang tinggi baik untuk kesehatan perut.
  • Jeruk, antioksidan pada buah jeruk dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan rasa asam pada jeruk dapat mengurangi rasa mual.
  • Mangga muda, rasa asam yang segar dapat kurangi rasa mual.
  • Melon, selain bantu kurangi rasa mual jika dikonsumsi, buah ini juga mengandung cairan yang baik untuk membantu mencegah dehidrasi.
Buah-Buahan
baca juga

Yoghurt

Probiotik dalam yoghurt akan berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus. Pada massa kehamilan bakteri dan ragi dalam usus besar akan meningkat sebagai efek dari perubahan hormon sehingga ering menyebabkan Moms mengalami mual yang berlebih. Rasa asam pada yoghurt dan bakteri baik di dalamnya akan membantu menenangkan perut Moms yang mual.

Yoghurt

Biskuit

Biskuit merupakan makanan yang mudah diserap dan ini baik untuk atasi mual Moms karena makanan ini tak akan mengendap di perut terlalu lama dan membuat Moms makin begah dan mual. Tepung yang terdapat pada biskuit dapat membantu menyerap asam di dalam lambung, sehingga dapat meredakan mual.

Biskuit
baca juga

Jahe

Mengonsumsi jahe selain dapat menghangatkan tubuh Moms juga dapat mengatasi rasa mual dan menenangkan perut. Moms bisa tambahkan irisan jahe ke air panas atau teh untuk di minum untuk kurangi mual. Aroma jahe yang kuat berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh jahe. Selain itu, jahe juga dapat membantu sistem sirkulasi darah dalam tubuh kembali normal, Moms juga bisa menyiapkan permen jahe jika mual menyerang pada kondisi-kondisi tak terduga.

Jahe

Kacang Almond

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang. Kacang Almond bisa Moms jadikan camilan sehat dan makanan pencegah mual saat hamil terutama jika dikonsumsi pada pagi hari. Almond juga memiliki kandungan kalsium yang meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada bayi dalam tubuh Moms. Mengonsumsi almond juga bermanfaat untuk mencegah kelelahan pada ibu hamil.

Kacang Almond

Labu

Labu memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga berguna untuk mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Kandungan magnesium bisa membantu Moms mengurangi mual karena akan meningkatkan sirkulasi darah yang sangat baik untuk mengatasi perubahan hormon.

Labu