Cara meningkatkan imunitas bayi
Seorang bayi rata-rata memiliki kesempatan sebanyak 8 kali mengalami pilek setiap tahunnya. Ditambah lagi, mengalami masalah perut, infeksi telinga, dan gangguan lainnya sebelum ia menginjak usia sekolah.

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi, Nomor 3 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.klikdokter.com/amp/2697950/asi-bayi-sehat-anda-hemat

Sebenarnya, bayi Moms punya cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Berikut langkah sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi Moms:

ASI (Air Susu Ibu)
ASI mengandung antibodi dan sel darah putih yang mampu meningkatkan imunitas bayi. ASI juga mengandung antibodi dan kolostrum yang juga mampu menjaga bayi dari alergi, infeksi telinga, diare, pneumonia, meningitis, infeksi saluran kemih dan lainnya. 

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi, Nomor 3 Seru Banget Nih, Moms!
source: http://sayangianak.com/10-hal-yang-akan-dirasakan-ibu-menyusui-dan-nomor-8-ibu-pasti-merasakan-kehilangan/

Moms dianjurkan untuk menyusui selama setidaknya minimal 6 bulan. Menyusui akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat bagi bayi.

baca juga

Tidur siang

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi, Nomor 3 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://bramardianto.com/menenangkan-bayi-rewel-di-malam-hari.html

Kurang tidur dapat memengaruhi imunitas. Jadi, pastikan bayi Moms memiliki cukup waktu untuk tidur siang secara teratur. David Munday, dari Asosiasi Community Practitioners and Health Visitors mengatakan, "Tidur adalah waktu tubuh bayi untuk mengisi energi, membangun, dan memperbaharui sel-sel serta jaringan yang telah digunakannya selama seharian. Itulah sebabnya mengapa tidur begitu penting bagi kekebalan tubuh sang bayi."

Bermain dengan hewan peliharaan

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi, Nomor 3 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://m.kumparan.com/@kumparanmom/tips-mengenalkan-hewan-peliharaan-pertama-kali-pada-bayi-1550919496850866714

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa bayi yang tinggal dengan anjing atau kucing peliharaan dapat memiliki risiko yang lebih kecil terkena infeksi telinga, batuk, atau pilek. Mereka juga cenderung tidak memerlukan antibiotik. Para peneliti percaya bahwa kotoran dan alergen yang dibawa oleh hewan peliharaan menyebabkan sistem kekebalan tubuh bayi Moms lebih cepat matang, karena  imun tubuh terbiasa memerangi virus dan bakteri. Namun, hal ini perlu diperhatikan dan dikonsultasikan kembali dengan dokter ya Moms. Kehadiran hewan peliharaan bisa berisiko bagi bayi di bawah 6 bulan.

baca juga

Lakukan imunisasi (vaksinasi)
Vaksin adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Sebelum usia 18 bulan, bayi memiliki beberapa vaksinasi. Vaksin bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh bayi Moms untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan penyakit. 

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi, Nomor 3 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/imunisasi-wajib-untuk-anak/amp/

Setidaknya ada beberapa vaksin wajib yang diberikan ketika bayi baru lahir seperti BCG, DPT I, DPT II, DPT III dan campak.

Makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh

5 Cara Meningkatkan Imunitas Bayi, Nomor 3 Seru Banget Nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/foodizz.id/blog/makanan-sehat-untuk-bayi/amp/

Wortel, kacang polong, jeruk, stroberi dan jeruk mengandung fitonutrient seperti vitamin C dan karoten yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ini sangat berperan untuk produksi sel darah putih dan antibodi yang melindungi permukaan sel agar kuat melawan virus.

Nah Moms, berikut tadi kebiasaan - kebiasaan baik yang bisa Moms terapkan pada bayi Moms agar sistem imunitas dalam tubuhnya juga berkembang baik. Semoga bayi Moms selalu sehat ya!