Kandungan Kacang Hijau

Sejak dahulu kacang hijau dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak manfaat dalam tubuh. Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain protein kacang hijau juga  rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan. Kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. 

Kandungan Kacang Hijau

Selain itu nutrisi yang ada dalam kacang hijau adalah mangan, selenium, magnesium, dan karbohidrat yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan harganya cukup terjangkau. 

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki banyak manfaat, berikut macam-macam manfaatnya moms:

  • Melancarkan pencernaan dan menurunkan resiko penyakit jantung. Kacang hijau kaya akan serat dan pati yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu,  kacang ini juga mengandung antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan jantung.  Dengan mengkonsumsi kacang hijau sesuai anjurannya,  moms akan merasakan manfaatnya.
  • Membantu menjaga berat badan. Protein dan tercapai karena kandungan serat dan protein dari kacang hijau membuat moms kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih. Oleh sebab itu,  jika moms menginginkan program diet,  maka kacang hijau dapat membantu moms dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. 
Manfaat Kacang Hijau
  • Menurunkan kadar kolesterol. Selain kandungan yang beragam, ternyata kacang hijau dapat mengurangi kadar kolesterol lho moms. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kalori energi dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.
baca juga

Efek Samping Kacang Hijau

Pada dasarnya semua hal baik yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping sebaliknya. Ternyata hal ini juga berlaku pada kacang hijau moms. Konsumsi kacang hijau secara berlebihan menimbulkan efek samping yang kurang baik pada kondisi tubuh. Nah moms tentu harus berhati-hati untuk menentukan kadar konsumsinya ya,  berikut beberapa efek samping yang disebabkan karena terlalu banyak konsumsi kacang hijau. 

Efek Samping Kacang Hijau

Perut Kembung

Sebagaimana namanya,  kacang hijau merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan yang mengandung senyawa disebut dengan phytates dan tanin. Kedua senyawa inilah yang membuat kacang-kacangan sulit dicerna. Ketika kacang hijau masuk ke dalam tubuh, kacang-kacangan dapat melewati sistem pencernaan.

Perut Kembung

Nah ternyata,  Inilah yang memicu adanya gas dan menyebabkan perut menjadi kembung jika moms mengonsumsi kacang terlalu banyak. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak lemak yang ada dalam kacang-kacangan dalam satu waktu dapat menyebabkan diare.

baca juga

Memberatkan Kerja Ginjal

Bagi moms atau keluarga yang memiliki potensi penyakit ginjal,  sebaiknya memang tidak mengkonsumi makanan yang mengandung protein tinggi dalma jumlah besar.  Termasuk kacang hijau.  Hal ini disebabkan karena kacang hijau mengandung protein tinggi sehingga sulit untuk diproses oleh ginjal.  Jadi moms harus lebih hati-hati lagi yaa! 

Memberatkan Kerja Ginjal