Fungsi kelenjar tiroid untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Kehadiran hormon tiroid juga penting dalam membantu mengatur tekanan darah, suhu tubuh, dan proses mengubah makanan menjadi energi. Kehadiran kelenjar tiroid sangat penting karena hormon yang dihasilkannya berdampak kepada fungsi tiap sel dalam tubuh Moms.

Kinerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak, tepatnya oleh kelenjar hipofisis (pituitary) dan hipotalamus. Ketika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

Dalam beberapa kasus, nodul tiroid akan menyebabkan kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin tambahan dan hal ini akan membuat Moms merasa gugup, jantung berdenyut lebih cepat dan tidak teratur, serta berat badan Moms menurun tanpa sebab yang jelas. Namun, ketika terdapat benjolan dalam tiroid, biasanya Moms mungkin tidak menyadarinya. Sebab hal ini tidak akan menimbulkan gejala apapun bila benjolan masih berukuran kecil. 

Namun bila kelenjar tiroid membesar hal itu akan membuat tenggorokan Moms tertekan. Moms akan merasa tidak nyaman dan mengalami kesulitan untuk bernapas, menelan dan suara serak. Meski begitu bahaya kelenjar tiroid jika tidak mendapat penanganan dapat mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh. Cara mengobati kelenjar tiroid yaitu sebagai berikut.


Cara Mengobati Kelenjar Tiroid

Moms harus segera memeriksakan penyakit ini pada dokter. Dokter akan menentukan tindakan pengobatan sesuai dengan penyakit tersebut. Selain itu, penentuan pengobatan juga tergantung pada usia serta kondisi kesehatan Moms. Terdapat tiga cara yang biasanya dilakukan dalam penanganan penyakit tiroid, yaitu: pemberian obat-obatan, terapi ablasi iodium radioaktif, atau dengan prosedur operasi.

Terapi ablasi iodium biasanya dilakukan pada kasus hipertiroidisme yang sulit terkontrol dengan pemberian obat-obatan.Obat-obatan yang diberikan memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialami. Fungsi obat-obatan dan terapi radioaktif umumnya adalah untuk menggantikan hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid, menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh pada hipertiroid, dan menghancurkan sel-sel tiroid.

Pemberian obat-obatan pada pasien tiroid juga ditujukan untuk mengatasi gejala lain yang timbul pada hipertiroidisme, seperti detak jantung yang meningkat atau dada berdebar. Selain itu operasi yang biasanya dilakukan pada penyakit tiroid adalah operasi pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi. Prosedur ini bisa dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang membesar atau benjolan yang terdapat di dalam kelenjar.

Untuk kasus penyakit tiroid sebagaian besar tidak membahayakan penderitanya dan dapat dikendalikan melalui penanganan medis. Namun jika dibiarkan, bisa berisiko untuk berkembang menjadi kanker tiroid yang dapat berujung pada kematian.

Kenali Gejala Kelenjar Tiroid Membesar, Bahaya dan Cara Mengobatinya