Cara mengatasi mata lelah selama berpuasa

Gejala mata lelah biasanya akan muncul setelah beberapa jam kerja. Ketika otot mata sudah letih, maka mata menjadi tidak nyaman atau sakit. Gejala tersebut terbagi menjadi tiga, gejala visual seperti penglihatan rangkap, gejala okular yaitu nyeri pada kedua mata, dan gejala referral seperti mual dan sakit kepala.

Singkirkan Mata Lelah Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini Moms!
source: https://www.shutterstock.com/es/video/clip-1006396-businesswoman-office-laptop-computer

Selain itu, gejala lainnya bisa berupa nyeri atau mata berdenyut, pendangan mengabur, sulit memfokuskan penglihatan, mata perih dan mata merah. Ditambah asupan cairan yang berkurang selama berpuasa akan membuat mata semakin lelah. Nah, untuk mengatasinya Moms bisa mencoba cara alami berikut ini:

  • Teh hijau
Singkirkan Mata Lelah Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/palembang.tribunnews.com/amp/2018/11/23/jangan-salah-agar-lebih-bermanfaat-inilah-waktu-yang-disarankan-untuk-minum-teh-hijau

Teh hijau baik untuk mengatasi mata lelah dan bengkak karena zat antioksidannya yang tinggi. Caranya, Moms cukup seduh teh hijau. Kemudian tuang teh ke dalam cetakan es batu, lalu masukkan ke dalam freezer. Setelah beku, ambil satu es batu dan gosokkan dengan lembut di bawah mata. Es batu ini tak hanya bekerja karena kandungannya, tapi juga karena suhu dingin bisa menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi bengkak di mata.

baca juga
  • Mentimun

Potongan mentimun biasa kita lihat ditempel di mata, hal ini tentu saja dimaksudkan untuk menyegarkan kembali mata yang lelah. Selain itu mentimun juga mengandung antioksidan alami yang bisa meredakan bengkak di mata Moms.

Singkirkan Mata Lelah Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini Moms!
source: https://m.fimela.com/beauty-health/read/3772405/menempelkan-irisan-timun-pada-mata-ini-yang-akan-kamu-alami

Caranya, Moms bisa menghaluskan setengah potong timun dengan 6 sendok makan gel lidah buaya. Dinginkan sebelum dioleskan ke bagian bawah mata. Simpan di dalam kulkas.

  • Lidah buaya
Singkirkan Mata Lelah Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini Moms!
source: https://subulussalamaceh.blogspot.com/2016/12/mata-anda-minus-tanaman-ajaib-ini-akan-tajamkan-kembali-penglihatan-anda.html?m=1

Mengompres mata dengan lidah buaya dianggap mampu mengatasi mata kering dan lelah secara efektif. Lidah buaya bekerja seperti pelembap yang mampu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan peradangan pada mata.

baca juga
  • Minyak essensial

Minyak esensial dapat membantu memulihkan dan menyegarkan mata yang lelah. Beberapa minyak esensial yang bagus adalah frankincense, cypress, chamomile, mawar, dan lavender.

Singkirkan Mata Lelah Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini Moms!
source: https://www.atsirich.com/9/101-manfaat-kegunaan-resep-essential-oil-minyak-atsiri/

Campur minyak esensial dengan minyak kelapa, jojoba, atau almond. Jika ada, gunakan botol roll on. Campur sekitar 25 tetes untuk botol 15 ml. Hati-hati ya Moms saat mengoleskannya di area bawah mata.

  • Masker mata dari bubuk kopi

Tahukah Moms jika kopi tidak hanya mengandung kafein saja? Tapi kopi juga ternyata mengandung zat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan bengkak di area bawah mata.

Singkirkan Mata Lelah Saat Berpuasa dengan Tips Berikut Ini Moms!
source: https://majalah.ottencoffee.co.id/hilangkah-mata-panda-dengan-bubuk-kopi/

Membuat masker kopi ini pun mudah, Moms. Ambil 1 sendok makan bubuk kopi. Campur dengan sejumput lada hitam, 1/4 sendok teh minyak kelapa, dan air. Aduk merata hingga membentuk pasta. Oleskan di bagian bawah mata dengan hati-hati. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bersihkan.

Berikut tadi tips - tips yang bisa Moms jalankan ketika mata dudah terasa lelah selama berpuasa. Semoga bermanfaat ya!