Bulan Ramadhan akan segera datang dalam hitungan hari. Bulan yang sakral ini memang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim, selain karena suasana menenangkan yang dibawanya, pada bulan ini umat muslim juga akan memetik banyak pahala karena melakukan amalan wajib yaitu berpuasa. Ibadah yang wajib dijalani oleh setiap muslim selama bulan Ramadhan ini sering kali membuat moms terlihat lesu dan lemas karena tidak mendapat asupan makanan selama seharian penuh. Tapi tenang saja, berikut beberapa tips yang bisa moms lakukan agar tetap terlihat cantik dan segar meskipun menjalani puasa.

5 Tips Agar Moms Tetap Cantik dan Kelihatan Segar Selama Berpuasa

Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun berpuasa, menjaga cairan tubuh dengan banyak minum air agar tidak dehidrasi selama berpuasa tetap penting. Tapi minum air putih ini harus dilakukan saat waktu dan sahur dan setelah berbuka ya moms. Untuk memenuhi cairan tubuh selama berpuasa dan agar tetap terlihat segar, minum air putih ini bisa dilakukan secara bertahap, yaitu 2 gelas saat makan sahur, 2 gelas ketika berbuka, 2 gelas ketika selesai sholat tarawih, dan 2 gelas menjelang tidur. 

Perbanyak Minum Air Putih
baca juga

Atur Pola Makan

Salah satu tujuan ibadah puasa adalah untuk menjaga keteraturan pola makan. Namun sering kali, orang-orang justru menjadi kalap dan makan secara berlebihan ketika berbuka. Selain dapat membuat sistem pencernaan 'kaget' dan tidak siap menerima banyaknya makanan, berbuka maupun makan sahur dengan porsi yang tidak tepat justru dapat membuat moms merasa semakin lemas dan terlihat tidak segar sepanjang hari. Sebaiknya, berbukalah secara bertahap dan batasi makanan yang masuk. Pilih hidangan ringan saat berbuka kemudian lanjutkan dengan makanan berat setelah sholat magrib atau setelah ibadah tarawih. 

Atur Pola Makan

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Pemilihan jenis makanan selama berpuasa untuk menjaga kesegaran dan kecantikan juga tidak kalah penting. Banyak makan buah dan sayuran saat berbuka dan sahur selain menyehatkan juga akan membuat moms merasa kenyang lebih lama karena banyaknya kandungan serat di dalam buah dan sayuran. Moms juga akan terhindar dari sembelit selama berpuasa karena terpenuhinya serat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Perbanyak Makan Sayur dan Buah
baca juga

Berbuka Puasa dengan yang Manis

Jangan dulu menyalah artikan tips ini ya moms. Anjuran untuk berbuka puasa dengan yang manis yaitu agar energi yang terkuras selama puasa dapat segera tergantikan karena naiknya kadar glukosa berkat minuman dan makanan manis. Tapi, konsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka ini perlu diperhatikan, sebaiknya pilih minuman atau makanan dengan pemanis alami seperti manis yang berasal dari kurma dan buah. Jangan asal memilih makanan dan minuman manis seperti es sirup atau kue yang dijual bebas di kaki lima.

Berbuka Puasa dengan yang Manis

Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga selama puasa? Siapa bilang tidak bisa. Justru tetap melakukan olahraga ringan selama puasa dapat terus menjaga kebugaran dan kesehatan moms. Olahraga ringan yang dilakukan ini bisa dengan berjalan-jalan di sekitar rumah setelah sahur, atau dengan melakukan senam dan peregangan tubuh. Jika moms ingin melakukan olahraga yang lebih intens sebaiknya dilakukan pada waktu menjelang berbuka, agar energi yang terkuras dapat segera tergantikan.

Lakukan Olahraga Ringan