Tips Mengajarkan Anak Mengalah Tapi Bukan Untuk Kalah

Keputusan si kecil untuk mengalah saat sedang berkonflik dengan lingkungan sekitar merupakan keputusan yang sangat baik. Namun, jika mengalah dilakukan secara terus-menerus, Moms harus waspada, karena bisa jadi sikap mengalah yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat anak tidak percaya diri dan merasa selalu tertekan oleh lingkungan sekitarnya. Berikut ini tips untuk mengajarkan anak untuk mengalah tapi bukan untuk kalah.

Ajarkan Berkata Tidak

Saat si kecil sedang berkonflik, baik dengan saudara ataupun teman bermainnya, akan ada salah satu pihak yang memilih untuk mengalah dan membiarkan teman atau saudaranya memenangkan konflik tersebut. Sikap mengalah memang sangat positif, akan tetapi ada saatnya si kecil bisa berkata tidak atas apa yang Ia yakini bahwa itu salah. Ajarkan si kecil untuk pandai menilai situasi dan berkata tidak jika memang menurutnya Ia berada pada posisi yang benar.

Tips Mengajarkan Anak Mengalah Tapi Bukan Untuk Kalah
source: https://ravishly-9ac9.kxcdn.com/sites/default/files/styles/article/public/field/image/Teaching%20Boys%20Consent.jpg?itok=PCKxzzhw
baca juga

Jangan Terlalu Ikut Campur

Jika si kecil sedang berkonflik dengan teman atau saudaranya, beri mereka ruang untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Karena, dalam berkonflik juga terdapat situasi dimana si kecil akan berusaha untuk mencari jalan keluar dari masalah yang sedang Ia hadapi. Jangan terlalu mencampuri masalah si kecil kecuali jika konflik tersebut sudah parah dan sampai bermain fisik.

Tips Mengajarkan Anak Mengalah Tapi Bukan Untuk Kalah
source: https://coronadosafe.org/static/media/uploads/blog/.thumbnails/stop-sibling-conflict.jpg/stop-sibling-conflict-600x0.jpg

Perbanyak Sosialisasi

Berikan kesempatan untuk si kecil bermain bersama teman-teman sebayanya. Carikan lingkungan yang baik untuk bermain dan bersosialisasi, seperti sekolah, taman bermain, berkumpul dengan keluarga, menghadiri pertemuan orangtua murid, dan lain-lain. Dengan begitu si kecil akan berinteraksi dengan teman sebayanya dan belajar untuk bersikap baik dengan sesama. 

Tips Mengajarkan Anak Mengalah Tapi Bukan Untuk Kalah
source: https://teachpeacenow.com/wp-content/uploads/2016/05/39870094_m.jpg
baca juga

Beri Pujian

Jika Moms sudah melihat adanya tanda-tanda kebaikan yang dilakukan oleh si kecil, jangan ragu untuk memberikan pujian kepadanya. Contohnya, jika si kecil menunjukkan sikap mengalah dengan temannya saat sedang berkonflik,  berilah pujian dan katakan bahwa yang Ia lakukan itu benar dan kelak si kecil akan terus melakukan hal yang baik pada lingkungan sekitarnya.

Tips Mengajarkan Anak Mengalah Tapi Bukan Untuk Kalah
source: https://assets.parents.com/s3fs-public/styles/nfp_1080_portrait/public/images/skyword/shutterstock_440397013.jpg?lEGj1yqfIaqixRzqpoS7ESOsYWMP54Po

Demikian tips mengajari anak untuk mengalah tapi bukan untuk kalah. Selamat mencoba Moms!