1. Pilih Sunscreen dengan SPF 30 atau Lebih

1. Pilih Sunscreen dengan SPF 30 atau Lebih

Idealnya, dalam memilih sunscreen, Moms diwajibkan untuk memilih suncreen dengan SPF 30++ saja Moms. atau jika ingin lebih, Moms bisa memilih produk sunscreen dengan SPF 50++. Baik 30 atau 50 sebenarnya sama saja, mereka berdua dapat menangkal sinar UV hingga 98 persen lho. Perlu diketahui, memilih produk SPF lebih tinggi dari 50++ tu nggak baik lho. Hal ini dikarenakan SPF yang berfungsi untuk menghalau sinar UVB terlalu tinggi, dan tidak dibarengi dengan peningkatan PA untuk menghalau sinar UVA yang menembus sampai kelapisan kulit lebih dalam, sehingga lebih sulit untuk dilindungi. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan radikal bebas pada kulit yang berujung jadi kanker melanoma.

Produk ber- SPF tinggi juga memerlukan lebih banyak bahan kimia untuk menghalau UVB. Beberapa bahan ini dipercaya para ahli dapat menimbulkan alergi, kerusakan jaringan dan gangguan pada hormon. Berdasarkan penelitian produk ber- SPF tinggi meningkatkan risiko kerusakan dan kanker kulit karena bahan aktif yang terkandung. Saran dari Mommyasia.id sih, lebih baik menggunakan yang ber SPF 30++ saja ya Moms.

2. Cari Label 'Broad Spectrum' pada Kemasan

2. Cari Label 'Broad Spectrum' pada Kemasan

Ada dua jenis sinar matahari yang dapat terasa langsung oleh kulit manusia. Yaitu sinar UVA dan UVB yang punya pengaruh buruk pada kulit. Efeknya mulai dark penuaan dini hingga kanker kulit. Hal paling mudah untuk mengingat bedanya dua sinar ini adalah melihat kepanjangan dari huruf inisial di belakangnya. UV- A ( Aging ) dan UV- B ( Burning ). Jadi, kandungan Broad Spectrum sudah dapat menangkal keduanya dalam satu kali pakai Moms.

baca juga

3. Pilih yang Water Resistant

3. Pilih yang Water Resistant

Jika Moms mengandalkan sunscreen untuk kepentingan traveling Moms, maka pilihlah yang water resistant ya. Sunscreen yang waterproof membuat tentunya dapat melindungi kulit lebih maksimal. Kelebihan dari sunscreen yang tahan air adalah Moms tidak perlu khawatir dengan sinar matahari di saat Moms sedang berenang maupun berjemur. Sehingga, tidak perlu berulang kali mengoleskan sunscreen pada kulit.

4. Pilih Sunscreen yang Mengandung Zinc Oxide atau Titanium Dioxide untuk Kulit Sensitif

4. Pilih Sunscreen yang Mengandung Zinc Oxide atau Titanium Dioxide untuk Kulit Sensitif

Bagi Moms yang memiliki kulit sensitif, nggak perlu khawatir ya. Moms tetap bisa terlindungi dari sinar UV dengan bantuan sunscreen. Cobalah untuk mencari mineral sunscreen yang mengandung Zinc Oxide dan Titanium Dioxide, karena keduanya tidak menyumbat pori-pori Moms. Jadi, sangat aman untuk Moms gunakan.

Nah, itulah tips memilih sunscreen yang benar ya Moms. Jadi, sudah siap traveling?